Plat Hitam Mobil Pangkalan di Ambon Bakal Diganti

by
Robby Sapulete

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon  bakal menerapkan kebijakan baru, mengantikan warna plat nomor mobil pangkalan menjadi plat kuning.  Sebab, aktifitas mobil tersebut melayani angkutan umum secara tidak resmi. Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon Robby Sapulette mengungkapkan hal itu  kepada Terasmaluku.com di Ambon (18/1).

Robby mengatakan, terkait dengan pemberlakukan warna plat hitam mobil pangkalan taksi di ganti menjadi kuning, sampai dengan saat ini Dishub Kota Ambon lagi mencoba mencari format yang tempat serta aturan, sebab hal itu harus membuat regulasinya.“Tentu kita membuat regulasi dulu, ada regulasi dan ada aturan karena pada prinsipnya mereka adalah angkutan pribadi tetapi melayani angkutan umum walau tidak resmi, namun ini harus kita buat,”katan Robby.

Robby menjelaskan, memberlakukan plat hitam menjadi kuning agar disamaratakan dengan angkutan umum. Ini dilakukan sebab selama ini mobil pangkalan tidak memberikan retribusi kepada Pemkot Ambon. “Bukan hanya retribusi mobil pangkalan saja, tetapi juga pengedara ojek di Kota Ambon, yang disampaikan ini tujuanya baik demi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Kita akan memberikan format kemudian mengeluarkan aturan yang cepat supaya mereka dapat membayar retribusi,”kata Robby.

Menurut Robby, jika aturan-aturan itu sudah dkeluarkan, maka pangkalan  juga dibuat lebih bagus. Karena menurutnya, mobil pangkalan dan tukang ojek juga bagian dari  merangsang PAD Kota Ambon, sehingga pangkalannya  harus ditata dengan baik. “Intinya kita memberikan ruang yang sama, tidak ada kata pilah-pilah, angkutan umum mempunyai terminal maka mobil pangkalan dan tukang ojek juga mempunyai tempat yang sama juga,” kata Robby. (UAD)