PLN Gandeng Kodam Pattimura Tanam 150.000 Pohon Keras dan Buah di Masohi

by

AMBON- PT. PLN (Persero) bekerjasama dengan Kodam 16 Pattimura, Kementerian Lingkungan Hidup  melakukan penanaman 150.000 pohon keras dan buah yang dipusatkan di Markas Yonif  731 Kabaressy  Kota Masohi, Maluku Tengah, Rabu (4/1). Penanaman pohon dilalukan Komisaris PT. PLN (Persero) Jenderal Pur. Budiman, Pangdam 16 Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo, Direktur HCM  PT. PLN Muhammad Ali,  PLT Bupati Malteng, M.Saleh Thio  dan pejabat lainnya baik dari PLN, Kementrian  Lingkungan Hidup dan Pemprov Maluku dan Maluku Utara.

PT.PLN Persero  menyerahkan 150. 000 bibit pohon keras dan buah – buahan  senilai Rp 1,4 miliar  untuk ditanaman di wilayah Masohi, Maluku dan Maluku Utara (Malut). Selain  bantuan penanaman pohon, PLN juga menyerahkan bantuan kepada   20 Masjid, 20 Gereja, 2 pure dan 100 Al-quran  dengan total bantuan 1,5 miliar yang diserahkan oleh Budiman. Mantan Kasad di tahun 2014 ini  menyatakan, bantuan ini sebagai bentuk progam corporate social responsibility (CRS) dari PLN. Diharapkan bantuan ini dapat mendatangkan kesejateraan bagi masyarakat di Maluku dan Malut, wilayah Kodam 16 Pattimura serta PLN Wilayah Maluku dan Malut.

“Bantuan ini merupakan kepercayaan PLN kepada Kodam 16 Pattimura, lewat  Pangdam untuk mensejahterakan  masyarakat  Maluku dan Maluku Utara. Bantuan berupa bibit pohon keras dan buah – buah harus digunakan untuk mendatangkan nilai ekonomi bagi masyarakat,” kata Budiman. Menurutnya,  PLN memiliki komitmen yang tinggi untuk terus membantu masyarakat, agar masyarakat Indonesia kuat, cerdas dan sejahtera. Ia juga mengingatkan, untuk mencapai hasil produksi  yang maksimal, pola tanam pohon keras dan buah – buahan harus dilalukan secara baik dan tepat.   Budiman mengapresiasi langkah Pangdam Pattimura  sehingga program ini bisa terlaksana di wilayah Kodam Pattimura.

Pangdam menyatakan, program ini bisa terlaksana setelah ia dipanggil Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup  Siti Nurbaya, bersama Gubernur Maluku dan Maluku, serta Dirut PLN dan Pertamina pada 3 Agustus 2016. Dalam pertemuan itu, Menteri Siti Nurbaya meminta bantuan Pangdam agar dapat membantu melaksanakan program – program  di bidang lingkungan hidup dan kehutanan, dengan  menanam pohon keras dan buah – buahan di kawasan hutan kritis. Program dengan Pertamina sudah dilalukan di Gunung Botak Pulau Buru.  “Sedangkan  program dengan PLN  tengah berjalan. Dan PLN  tidak hanya memberikan bantuan bibit pohon keras dan buah-buahan, tapi juga menyerahkan bantuan bagi 42 rumah ibadah dan Al-quran,” kata Pangdam.

Pangdam  menyatakan atas nama Kodam dan masyarakat  di Maluku dan Malut, pihaknya menyampaikan terimah kasih atas bantuan PLN tersebut. Karena menurutnya  tidak semua daerah, mendapatkan bantuan dari PLN pusat. (ADI)