PLN Maluku Bangun Learning Centre Tingkatkan Kompetensi Pegawai

by

TERASMALUKU.COM,AMBON –  Bertepatan dengan Hari listrik Nasional Ke-74, PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) bersama PLN Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Maluku meresmikan Learning Centre di PLTD Poka, Ambon.

Leraning center itu bakal menjadi rujukan pelatihan pengembangan kompetensi pagawai pun ahli daya PLN. Pasalnya selam ini, pengembangan kompetensi dilakukan di cabang terdekat yaitu Makassar.

Kehadiran learning center itu menjawab kebutuhan akselerasi kinerja PLN agak lebih baik. “learning center ini untuk tingkatkan kompetensi ahli daya dan pegawai dengan fasilitas yang ada. kami lengkapi dengan alat praktik,” jelasn General Manager PT. PLN Cabang Ambon, Ir. Romantika Jujun Dwi Putra kepada Terasmaluku.com usai peresmian Senin pagi (28/10/2019).

Di ruang itu akan ditempatkan sejumlah alat dan mesin sebagai maket belajar. Seperti yang sudah tersedia, sebuah prototype mesin PLTD dan drone pengecekkan gangguan saluran udara tegangan tinggi (SUTT).

Drone digunakan untuk memantau dari udara jika ada gangguan serta untuk pemeliharaan pada rangkaian SUTT. Pihak PLN memilih pesawat tanpa awak untuk mengecilkan risiko pekerja. Selain itu citra yang ditangkap melalui kamera pada drone jauh lebih detil memberikan gambaran kerusakan.

“Di situ nanti bisa belajar soal pemeliharaan mesin, pembangkit listrik, setting proteksi, transmisi dan lain sebagainya,” imbuh Romantika. Pembangunan learning centre juga sebagai respon tema HLN Ke-74 ‘Bersama SDM Unggul, Terangi Indonesia’. Soft skill dan hard skill pegawai agar lebih terasah dan mumpuni di bidangnya.

loading...

Selaras dengan hal itu, Manager PLN UPK Maluku Muh. Rusli Sain menjelaskan, Learning Centre ini juga dilengkapi berbagai fasilitas penunjang seperti ruang kelas, ruang praktek mekanik dan ruang praktek kelistrikan dilengkapi dengan alat penunjangnya.

“Oleh karena itu Learning Centre ini dapat digunakan sebagai proses belajar fasilitas pembangkit hingga bagaimana pemeliharaan dan pengoperasian Gardu Induk (GI) di sisi penyaluran listrik”, tambah Rusli.

Tidak hanya meresmikan Learning Centre, melalui program PLN Peduli (CSR PLN), PLN UPK Maluku juga menyerahkan bantuan 6 (enam) unit Mesin Bajak Sawah kepada 6 (enam) kelompok usaha tani yang berada di Desa Tawiri, Ambon serta bantuan pembuatan tenda tanaman yang diserahkan oleh General Manager PLN UIW MMU dan General Manager PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Maluku serta jajaran manajemen PLN UIW MMU dan UPK Maluku.

“Bantuan ini sebagai bentuk kepedulian sosial kami guna menunjang kebutuhan dan produktivitas kegiatan usaha masyarakat yang berada di sekitar lingkungan PLN UPK Maluku”, tutup Rusli. (PRISKA BIRAHY)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *