PLN UIW Maluku dan Malut Target Zero Accident di Tempat Kerja

by
Latihan persiapan alat mendukung K3, Jumat (7/2/220). FOTO: Dok. PLN UIW Maluku Malut

TERASMALUKU.COM,AMBONM – PT. PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW-MMU) menggelar pelatihan K3 bagi karyawannya, Jumat (7/2/2020). Hal ini sebagai langkah antisipatif sekaligus membiasakan para karyawan seluruh unit PLN di Pulau Ambon untuk tetap menjaga keselamatan mereka.

Bulan Februari, merupakan bulan Kesehatan dan keselamatan Kerja (K3). Ada sejumlah pelatihan yang digelar di PLTD Poka. Seperti pemeriksaan kelengkapan dari peralatan kerja dari para petugas Pelayanan Teknik (Yantek), simulasi tanggap darurat oleh personil PLTD Poka dan juga penanaman pohon di lingkungan PLTD Poka oleh jajaran manajemen PLN UIW MMU.

General Manager PLN UIW MMU Romantika Dwi Juni Putra saat menanam pohon jeruk di lingkungan PLTD Paka Ambon

“Kecelakaan sampai meninggal tidak ada tapi ringan aja. Kita harus terapkan K3. Kalau abai pasti ada saja kecelakaan karena itu kita dorong agar penerapannya lebih baik,” jelas General Manager PLN UIW MMU Romantika Dwi Juni Putra kepada wartawan usai kegiatan, Jumat (7/2/2020) pagi.

Romantika merinci ada tiga hal penting dalam penerapan K3. Yakni persiapan alat pelindung diri, ikuti SOP dan harus ada pengawasan di lapangan. menurutnya jika ada satu dari tiga hal yang abai, maka kemungkinan kecelakaan terjadi. Pihaknya menarget agar dengan pelatihan itu angka kecelakaan menurun atau sampai zero accident.

“Ini juga sebagai salah satu wadah reminder kami kepada seluruh insan PLN maupun mitra kerja untuk terus menerapkan tidak hanya keselamatan namun juga kesehatan dalam bekerja sehingga dapat secara optimal memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan”, ujarnya.

Usai pelatihan juga digelar penanam pohon produksi di sekitar komplek PLTD untuk penghijauan. Menurutnya lingkungan kerja juga perlu dibikin hijau agar lebih asri dan nyaman bagi para pekerja. (PRISKA BIRAHY)