PLN Yakin Capai Target, Puluhan Desa Terpencil Terlistriki

by
PT. PLN Unit induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara optimistis capai target penyaluran listrik ke sejumlah desa (25/6). FOTO: dok. PLN

 

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Tampaknya target tahunan penjualan energi listrik PT. PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara dapat tercapai. Puluhan desa terjauh pun bakal terlistriki.

Baru pada triwulan pertama badan usaha milik negera itu menyalurkan 258.815 MWH listrik kesejumlah daerah di Maluku dan Maluku Utara.

Jumlah itu naik dari penyaluran energi pada periode yang sama di tahun sebelumnya, 2018. Tahun lalu PT.PLN menyalurkan sebanyak 240,815 MWH. Itu berarti ada selisih kenaikan 18.000 MWH atau sebesar 7,47 persen dari tahun lalu. Jelas mereka optimistis penyebaran listrik merata ke seluruh pelosok tergenapi.

Pada sejumlah kabupaten di dua provinsi ini, masih ada desa-desa kecil yang belum teraliri listri. Kampung Banda Efruan misalnya yang beberapa waktu lalu diberitakan gelap lantaran belum ada listrik.Padahal fasilitas dan infrastruktur tersedia. Hanya saja pada pembangkit pusat alami defisit energi. Lokasi kampung yang cukup jauh juga jadi salah satu kendalanya.

Dalam wawancara dengan mantan manager PLN wilayah Tual, Ramli Malawat beberapa waktu lalu dia pastikan masalah itu akan tuntas pada 2020. Yakni dengan mendatangkan mesin ke pusat pembangkit agar empat desa lain serta Banda Efruan yang berjarak cukup jauh dan terpencil jadi terang.

Terkait kesuksesan penjualan, pihaknya yakin target tahunan di wilayah Maluku dan Maluku Utara rampung. “Betul, kami yakin bisa capai target dengan melihat perkembangan pada triwulan itu,”jelas Asisten Manager Komunikasi PLN Wilayah Maluku dan Maluku Utara Darry Giovanno.

Pertumbuhan penjualan tersebut menunjukkan, konsumsi listrik masyarakat di Maluku dan Maluku Utara meningkat. Penambahan jumlah desa yang sudah dilistriki, berdampak langsung pada peningkatan pejualan. Seperti yang disampaikan General Manager PLN UIW MMU Romantika Dwi Juni Putra.

“Tentu kami juga berkomitmen untuk terus meningkatkan kehandalan tenaga listrik dari seluruh sektor, mulai dari sisi pembangkitan hingga pendistribusiannya  ke pelanggan”, jelasnya.

Romantika mengatakan PLN juga berupaya hadirkan listrik untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari maupun untuk kegiatan perekonomiannya. “Sesuai dengan salah satu misi PLN yakni kami ingin menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk mendorong kegiatan ekonomi”, tutup Romantika.(PRISKA BIRAHY)

 

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *