PMI dan ICRC Gelar Operasi Katarak Gratis di Tual

by
Tim dokter tengah melakukan operasi katarak garis di Rumah Sakit Marens Kota Tual, Senin (10/7). FOTO : (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,TUAL-Untuk membantu mengurangi angka prevalensi kebutaan yang terus meningkat di Indonesia, Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Internasional Comite Of The Redcros (ICRC) kembali menggelar  operasi katarak gratis  bagi masyarakat di Rumah Sakit Marens Kota Tual,  yang berlangsung sejak  Senin (10/7) hingga Jumat (14/7).

Pembukaan operasi katarak dihadiri Walikota Tual Adam Rahayaan, yang juga Ketua PMI Kota Tual. Data menyebutkan dari tahun ke tahun jumlah penderita katarak di Indonesia terus bertambah, tercatat sekitar 240.000 orang per tahunnya.  Data 2006 menunjukan di Indonesia sebagai negara tertinggi di Asia penderita kebutaan dengan penyebab utama adalah katarak.

Pelaksana Tugas  Kepala Divisi Kesehatan dan Sosial Markas Pusat PMI, Eka Wulan Cahyasari mengatakan, PMI ingin membantu pemerintah dalam mengurangi angka kebutaan di Indonesia. “Berdasarkan data dari Riset kesehatan dasar, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2013, jumlah prevalensi katarak di Maluku sebesar 2,2 persen.

Untuk itu, PMI dengan bantuan dari ICRC melaksanakan kegiatan ini di Maluku.” katanya.  Ia menjelaskan, katarak sendiri disebabkan oleh faktor-faktor yang bervariatif, mulai dari persoalan usia, gizi, gaya hidup, riwayat penyakit yang diderita hingga ketidaktahuan akan katarak itu sendiri oleh masyarakat penderita.

Sementara itu Walikota Tual  Adam Rahayaan mengatakan, Kota Tual dipilih karena prevalensi katarak cukup tinggi sementara akses layanan dan fasilitas kesehatan mata terbatas, sehingga memerlukan rujukan ke Kota Ambon, Ibukota Provinsi Maluku dan itu membutuhkan biaya.

Walikota  juga berkomitmen untuk mendirikan Unit Transfusi Darah PMI Kota Tual dan mendorong pengadaan dokter mata dan pelayanan kesehatan mata.  “Kami akan masukkannya dalam rencana kerja dan anggaran tahun 2018,” kata Rahayaan. Selain melaksanakan operasi katarak, PMI dan ICRC juga membagikan 300 kacamata baca gratis bagi warga di Kota Tual. Hal ini dilakukan untuk membantu masyarakat dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari.

PMI bersama dengan ICRC telah bekerjasama melaksanakan kegiatan operasi Katarak dan pembagian kacamata gratis sejak tahun 2006. Sebelumnya, PMI bersama dengan ICRC dan Pemerintah Daerah Provinsi Maluku, pada November 2015 dan Mei 2016 berhasil melaksanakan operasi katarak dan pembagian kacamata baca gratis di Kabupaten Buru dan Buru Selatan. (IAN)