Pohon Mangga Tumbang,Sebagian Kota Ambon Macet Parah

by
Pohon Mangga yang tumbang di Jalan D.I.Panjaitan Ambon

AMBON-Sebuah pohon mangga ukuran besar di kawasan Jalan D.I. Panjaitan, Kota Ambon tak jauh dari depan Kantor Dinas PU Maluku, Kamis (27/10) malam tumbang, karena termakan usia. Pohon mangga tumbang menutup badan jalan hingga ke trotoar. Saat peristiwa terjadi cuaca Kota Ambon dalam kondisi normal, tidak ada angin kencang maupun hujan. Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini, namun sebuah bangunan rumah rusak ringan. Selain itu, dua unit sepeda motor yang tengah diparkir di bengkel sepeda motor juga rusak tertimpa pohon tumbang itu.
Akibat pohon mangga tumbang ini, aparat Lalu Lintas Polres Pulau Ambon mengalihkan kendaraan dari arah Jalan Slamet Riyadi menuju Jalan D.I.Panjaitan, dialihkan menuju depan Gereja Maranatha dan Jalan Raya Pattimura Ambon. Pengalihan arus ini sudah terjadi sejak peristiwa terjadi hingga Jumat (28/10) pukul 10.00 WIT.
Pengalihan arus kendaraan akibat pohon mangga tumbang ini memicu kemacetan parah di sejumlah ruas jalan, terutama di Jalan Slamet Riyadi, Jalan Raya Pattimura serta jalan depan Polda Maluku. Warga dan pekerja yang hendak menuju kawasan Jalan D.I.Panjaitan harus berjalan kaki dari persimpangan Kodim 1504 Pulau Ambon, karena lokasi jalan ditutup.
Aparat TNI/Polri dan petugas dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Ambon berusaha membersihan batang pohon mangga yang tumbang itu sejak Jumat dini hari. Petugas menggunakan mesin sensor untuk memotong batang pohon mangga yang tumbang itu. “Pohon mangga ini tumbang karena termakan usia. Untuk sementara jalan tidak bisa dilalui dan dialihkan ke jalan lainnya,” kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Ambon Morits Lantu di lokasi kejadian. Jalur jalan yang ditutup akhirnya dibuka kembali sekitar pukul 10.00 WIT setelah petugas membersihkan batang pohon mangga yang tumbang itu. (ADI)