Pohon Tumbang Dua Kali Saat Hujan

by
Petugas Kepolisian Daerah Maluku membersihkan pohon yang tumbang menimpa mobil di Jalan Said Perintah Ambon, Rabu (30/5/2018). FOTO : HUMAS POLDA MALUKU

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Hujan yang intens mengguyur Kota Ambon selama hampir seminggu berturut turut mengakibatkan longsor serta luapan air dari tanggul yang jebol. Meski tak disertai angin kencang namun dalam waktu hampir dua minggu sudah ada kejadian pohon tumbang di jalan sebanyak dua kali.

Jajaran pohon lebat yang tumbuh di sisi kanan kiri jalan atau yang berada di atas jalur pejalan kaki cukup membahayakan pengguna jalan. Pasalnya saat hujan pohon jadi makin berat dan lembek sehingga rawan, terutama pada pohon pohon yang sudah tua.

Seperti yang baru terjadi Rabu (30/5/2018) pagi di Jalan Said Perintah Ambon. Sebuah pohon tumbung dekat Kantor Bank BNI dan mengenai beberapa kendaraan bermotor yang diparkir di sisi jalan.“Pohonnya jatuh menimpa mobil yang lagi parkir di situ,” jelas Dirsabhara Polda Maluku Kombes Polisi Irwan Ramaini.

Menurut Irwan, unit siaga bencana Unit SAR Dit Sabhara Polda Maluku yang cepat dan tanggap mendatangi lokasi untuk lakukan evakuasi kendaraan. Dari data di lapangan dua kendaraan yang tertimpa pohon yakni sebuah mobil pic up bernopol
DE 8173 AC dan mobil jenis mini truck Toyota Fortuner nopol DE 1612 AG.

Beruntung kejadian itu tidak memakan korban jiwa pejalan kaki maupun pengendara mobil. “Korban jiwa nihil,” lanjut Irwan. Sebelumnya kejadian pohon tumbang terjadi di depan Universitas Pattimura di Jl. Ir. Putuhena Kecamatan Teluk Ambon pada 19 Mei lalu. Sebuah pohon besar jatuh melintang di jalan dan menyebabkan kemacetan.

Lalu lintas di sekitar lokasi sempat tersendat, namun pihaknya bertindak cepat memotong pohon kemudian membersihkan area agar lalu lintas kembali normal. Sayangnya dari dua kejadian itu belum ada bantuan atau campur tangan SKPD terkait.

“Kami pasti siap sedia membantu. Tapi kalau bisa ada perhatian Pemerintah Kota Ambon. Sebab ini kan area mereka juga,” ujar Irwan kepada Terasmaluku.com.

Bantuan yang dimaksud bisa dalam bentuk pemotongan ranting ranting pohon yang panjang dan lebat di sisi jalan. Dengan begitu kecil kemunkinan kejadian serupa tidak lagi terjadi untuk ketiga kalinya. (BIR)