Polda Maluku Kerahkan Polwan Berhijab Amankan Ibadah Minggu di Gereja

by
Sejumlah anggota Polwan berhijab mengamankan pelaksanaan Ibadah Umat Kristiani di sejumlah gereja di Kota Ambon, Minggu (22/4). FOTO : DOK. HUMAS POLDA MALUKU.

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Kepolisian Daerah (Polda) Maluku menggelar  pengamanan Ibadah Minggu di sejumlah Gereja Protestan dan Gereja Katolik di Kota Ambon, Minggu (22/4). Dalam pelaksanaanya, Polda Maluku mengerahkan sejumlah Polisi Wanita (Polwan) berhijab untuk mengawal dan mengamankan jalannya Ibadah Minggu tersebut.

Gereja – gereja yang mendapat kawalan Polwan berhijab diantaranya, Gereja Katedral Maria Media Mediator, Gereja Maranatha, Gereja Silo, Gereja Rehoboth kawasan Batu Gantong, Gereja Bethania di Batugajah dan  Gereja Josep Kham, Belakang Soya.

Dalam pengamanan ini, Polwan berhijab  menyambut para jemaat dan umat yang hendak masuk gereja untuk beribadah. Mereka berjabat tangan dengan para jemaat.  Anggota Polwan juga mengatur lalu lintas untuk jemaat yang  masuk maupun keluar gereja.

Kabid Humas Pold Maluku Kombes Pol Muhammad Roem Ohoirat dalam siaran persnya mengungkapkan, pengamanan ini merupakan program Kapolda Maluku Irjen Pol. Andap Budhi Revianto. Dengan program ini, disamping melaksanakan pengamanan, aparat kepolisian dapat  membangun komunikasi dan berinteraksi dengan Pendeta dan  umat  yang beribadah. “Ini salah satu program, disamping laksanakan Pam, diharapkan sebagai media berkomunikasi dan berinteraksi dengan Pendeta dan saudara kita, Umat Kristiani,” kata Ohoirat.

Ohoirat mengatakan, saat berkomunikasi dengan jemaat dan umat yang menggelar ibadah itu, tentunya diharapkan adanya masukan guna perbaikan kinerja Polda Maluku kedepannya. “Pada kesempatan yang baik itu, kami juga menyampaikan pesan-pesan sehingga terwujudnya kondisi Kamtibmas yang kondusif dan damai,” kata Ohoirat.

Ohoirat menjelaskan, selain amankan gereja, personil Polda Maluku juga menggelar giat  ibadah Kamtibmas di Gereja Maranatha dan Gereja Silo Ambon. Di Gereja Silo ibadah diikuti personil Dit Reskrimsus Polda Maluku, dipimpin Kompol Marcus, sedangkan  ibadah Kamtibmas di Gereja  Maranatha Ambon dipimpin Bripka Sailakua beserta personil Direktorat  Polair Polda Maluku.

“Setelah ibadah personil  kepolisian  memberikan ceramah Kamtibmas tentang  bahaya hoax, hate speech dan provokasi SARA serta ajakan persatuan, perdamaian dan mempertahankan dan menjaga NKRI,” kata Ohoirat.

Menurut Ohoirat, sebelumnya  pada pelaksanaan Ibadah Jumat (20/4), Polwan yang beraga Kristen  juga melakukan pengamanan di Masjid-Masjid di Kota Ambon. “Giat seperti ini akan terus dilaksanakan ke depannya,” kata Ohoirat. (ADI)