Polda Maluku Siap Terima Kritikan Lewat Website dan Aplikasi Salawaku Emarina

by
Wakili Kapolda Maluku Irjen Pol. Drs. Refdi Andri, Wakapolda Maluku Brigjen Pol. Drs. Jan de Fretes melaunching Program Transformasi Layanan Berbasis Digital (13/8/2021) di Ruang Rapat Utama Mapolda Maluku, Kota Ambon. Foto : Humas Polda Maluku

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kritikan masyarakat terhadap kinerja Polri khususnya Polda Maluku kini semakin mudah menyusul telah diluncurkannya website maluku.polri.go.id dan aplikasi Salawaku Emarina melalui Program Transpormasi Layanan Bebasis Digital.

BACA JUGA : Polda Maluku Luncurkan Program Transformasi Layanan Berbasis Digital, Ini Fungsinya

Dengan diluncurkannya websita dan aplikasi tersebut, Wakapolda Maluku, Brigjen Pol. Jan de Fretes mengatakan Polda membuka diri untuk menerima kritikan dari masyarakat atas capaian kinerja Polri.

Apalagi lewat layanan berbasis digital ini diharapkan juga masyarakat dapat mengawasi kinerja Polda Maluku, tidak hanya secara internal, tetapi juga secara eksternal.

“Sebab saat ini merupakan era keterbukaan sehingga tidak perlu ada ditutup – tutupi. Dari situ akan diketahui bagaimana potret polisi sehingga apa yang menjadi kekurangan bisa diperbaiki,”sebutnya saat peluncuran wakili Kapolda Maluku, Irjen Pol. Refdi Andri.

Masih kata Wakapolda, peluncuran website dan aplikasi Salawaku Emarina merupakan langkah strategis dari program transformasi layanan Polda berbasis digital. Ini merupakan bagian dari implementasi program Presisi khususnya program ke 13 pada kegiatan 42 yang dicanangkan Kapolri tentang pemantapan komunikasi publik.

“Di mana pada prinsipnya polri akan lebih siap menerima kritik, sehingga polri ke depan bisa menjadi polri yang adil, jujur, transparan dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya,”harapnya.

Harapannya, dengan kehadiran website dan aplikasi Polda Maluku ini dapat menghadirkan pelayanan kepolisian yang semakin moderen, prima dan menjawab kebutuhan masyarakat sesuai dengan perubahan, perkembangan ilmu dan teknologi.

“Website Polda Maluku dan aplikasi Salawaku Emarina juga memberikan alternatif bagi masyarakat yang sudah semakin akrab dengan dunia digital sekaligus berkolaborasi dengan masyarakat untuk saling bertukar informasi tentang penegakan hukum yang terjadi di lingkungan masyarakat yang sangat menekankan pada kecepatan dan kemudahan mendapatkan pelayanan,” katanya.

Sehingga dengan kelengkapan konten-konten layanan didalamnya, kebutuhan masyarakat dalam hal pelayanan dapat segra ditindaklanjuti.

“Kita patut bangga bahwa dengan peluncuran website Polda dan aplikasi Salawaku Emarina ini menampilkan konten-konten unggulan seperti spesifikasi website, layanan Polda online yang mencakup izin keramaian, SKCK online, forum dan internal inbox serta aplikasi mobile dan maintenance website yang lebih menyentuh langsung terhadap kebutuhan masyarakat dan kemudian akan ditindaklanjuti petugas dengan melaksanakan verifikasi,” jelasnya. (Humas Polda Maluku)