Polda Maluku Sumbang Rp 1,3 Miliar Buat Warga Palu

Polda Maluku Sumbang Rp 1,3 Miliar Buat Warga Palu

SHARE
Kombes Pol Muhammad Roem Ohoirat

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kepolisian Daerah (Polda) Maluku memberikan bantuan uang tunai sejumlah Rp1,3 miliar lebih bagi korban bencana gempa dan tsunami di Palu, Donggala dan  Sigi  Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). Bantuan tersebut merupakan hasil pengumpulan dana dari anggota Polda Maluku dan anggota seluruh Polres jajaran Polda Maluku

“Kemarin Polda Maluku mengumpulkan sumbangan. Itu dari Polda Maluku sendiri maupun dari sembilan Polres jajaran. Di mana semuanya terkumpul senilai Rp1.319.217.000,” ungkap Kabid Humas Polda Maluku Kombes Polisi Muhammad Roem Ohoirat kepada wartawan di Polda Maluku Senin, (8/10/2018).

Menurut Roem, uang sumbangan itu bakal dikirim ke Palu melalui Polda Sulteng untuk disalurkan ke warga korban bencana gempa dan tsunami. “Dana ini nanti digunakan untuk membeli keperluan warga yang terkena gempa dan tsunami di Palu, Sigi dan Donggola. Kami usahakan dalam waktu dekat sudah kita kirim ke Sulteng,” ujarnya.

Roem juga mengatakan pihaknya telah menyiapkan 1 pelaton pasukan Polda Maluku untuk sewaktu-waktu dikirim ke Sulteng membantu penanganan pasca gempa dan tsunami.  Dan kini Polda Maluku tinggal menunggu perintah Kapolri. “Yang jelas kita siap, tergantung kebutuhan dan Mabes Polri. Sudah ada 1 pelaton. Yang tentukan untuk melakukan pergeseran dari Mabes Polri,” jelasnya.

Gempa berkekuatan 7,4 skala Richter mengguncang Palu, Donggala, Sigi, Sulteng pada Jumat, 28 September 2018. Gempa disusul terjangan tsunami. Menurut data BNPB, hingga Sabtu, 6 Oktober 2018 bencana gempa dan tsunami Palu itu menewaskan 1.649 orang, melukai 2.549, dan 265 dinyatakan hilang. (UAD)

loading...