Bawaslu Maluku Tengah Lantik 54 Anggota Panwascam

oleh
oleh

TERASMALUKU.COM,-MASOHI– Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Maluku Tengah melantik dan mengambil sumpah janji terhadap 54 Anggota Panwaslu Kecamatan di Baileo Soekarno Kota Masohi, Sabtu (25/5/2024).

Puluhan Panwascam ini dilantik setelah melaksanakan seleksi pendaftaran secara terbuka. Setelah proses pelantikan mereka menandatangani fakta integritas sebagai bentuk pertanggung jawaban sebagai seorang pengawas pemilu.

Dengan dilantiknya Panawascam terpilih, Ketua Bawaslu Maluku Tengah La Amisuri menegaskan bahwa menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 posisi Bawaslu dalam mengawasi Pilkada lebih memegang teguh terhadap integritas, akuntabilitas dan indenpedensi sesuai yang di atur dalam UU No 10 tahun 2016. Sementara Panwaslu di aturan dalam pasal 33, pasal 34 dan pasal 35 tentang tugas dan wewenang dan kewajiban.

“Tentu kita memahami tentang penilain publik terhadap kita. Prinsipnya bahwa apa yang menjadi perundang-undangan, kami perpedoman teguh sehingga Pilkada berjalan sesuai yang di harapkan,”jelas La Amisuri

Di tempat yang sama Penjabat Bupati Maluku Tengah Rakib Sahubawa yang di wakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Maluku Tengah, Silviana Matemmu mengungkapkan, pemilihan ini tidak hanya menentukan pemimpin daerah,
tetapi juga mencerminkan kualitas demokrasi yang di jalankan. Oleh karena itu, keberhasilan pemilihan sangat bergantung pada integritas, profesionalisme, dan independensi dari seluruh jajaran panitia pengawas.

“Sebagai Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan, Bapak dan Ibu memiliki tugas yang sangat strategis dalam mengawasi seluruh tahapan pemilihan. Mulai dari pendaftaran pemilih, kampanye, pemungutan suara, hingga penghitungan suara. Semua itu harus dilakukan dengan transparan, jujur, dan adil,”harap Penjabat Bupati

Selain itu Penjabat Bupati juga menekankan beberapa hal penting yang
harus menjadi pedoman bagi 54 anggota Panwaslu yang di lantik agar di dalam menjalangkan tugas harus berpegang teguh terhadap Integritas dan Netralitas, kemudia Profesionalisme, Transparansi, Kerjasama serta Pencegahan dan Penindakan jika terjadi Pelanggaran.

BACA JUGA :  Pidato Politik, Hamzah Sangadji: Jangan Sampai Empat Anggota DPR RI Maluku Tenggelam di Senayan karena tak Miliki Kompetensi

Hadir dalam pelantikan tersebut Penjabat Bupati Maluku Tengah Rakib Sahubawa yang di wakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Maluku Tengah, Silviana Matemmu, Dandim 1502/Masohi, Ketua KPU dan Anggota Bawaslu Maluku Tengah.

Penulis Nair Fuad

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.