Polres Ambon Ringkus Pengedar Ganja Dari Jakarta

by
Kapolres Ambon memperlihatkan barang bukti ganja dan tersangka di Mapolres, Rabu (7/6). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,AMBON-Aparat Polres Pulau Ambon dan Pulau – Pulau Lease menangkap  seorang pengedar ganja berinisial RR (31). Dari tersangka, polisi menemukan barang bukti 56 gram ganja kering dalam kemasan yang siap edar.

Polisi menangkap  RR, warga kawasan Galunggung, Tanah Rata Desa Batumerah Kecamatan Sirimau Ambon ini saat  operasi Pekat Siwalima pengamanan Ramadhan yang berlangsung Selasa (6/6) dini hari. Setelah ditangkap di kawasan Galunggung, Tanah Rata, tersangka dibawa ke Satuan Narkoba Polres Pulau Ambon untuk pengembangan penyidikan.

Kapolres Pulau Ambon dan Pulau – Pulau Lease AKBP Sucahyo Hadi  kepada wartawan di Mapolres, Rabu (7/6) mengatakan,  RR  merupakan warga Maluku yang sudah lama tinggal di Jakarta. Ia kerap mengirim ganja ke Ambon untuk dijual.

Modusnya,  tersangka  mengirim  ganja tersebut dengan jasa  paket lewat penerbangan. Kemudian tersangka berangkat dengan pesawat dari Jakarta  ke Ambon. Tiba di Bandara Pattimura, tersangka langsung mengambil paket ganja tersebut.

Praktek ini  menurut Kapolres,  kerap dilakukan tersangka. Sehingga polisi menjadikan RR sebagai target. Namun aksi RR berunjung penjara  saat polisi menemukannya dalam operasi Paket Siwalima.   “Sesuai dengan pengakuannya ganja kering seberat 56 gram yang dibawa  dari Jakarta akan diedarkan di Kota Ambon dan sekitarnya. Dia juga telah menjadi target operasi,” kata Kapolres  Sucahyo.

Kapolres mengatakan, untuk mempertanggung jawabkan perbuatanya, RR dijerat dengan Pasal 111 dan 114 Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman 5 sampai 10 tahun penjara.

Kapolres  juga mengatakan, ganja kering siap edar itu akan dijual di Ambon  dengan harga Rp  100.000,- per paket.  “Kami terus memberantas  peredaran narkoba di  Pulau Ambon  dengan melakukan penindakan terhadap bandar,  pengedar, penjual  hingga pemakai  narkotika baik jenis sabu, ganja maupun jenis lainnya,” kata Kapolres. (IAN)