Polres dan Kemenag Malteng Kolaborasi Tingkatkan Akhlak Keumatan

by
Kapolres Malteng AKBP Rosita Umasugy dan Kepala Kantor Kemenag Malteng, Hanafy Rumatiga menandatangani MOU, Rabu (23/9/2020). FOTO : HUMAS POLRES MALTENG

TERASMALUKU.COM,-MASOHI-Polres Maluku Tengah dan Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) meneken Memorandum of Understanding (MoU) Tentang Pemberdayaan Penyuluh Agama Kamtibmas

MoU ini ditandatangani langsung oleh Kapolres Malteng, AKBP Rosita Umasugy dan Kepala Kantor Kemenag Malteng, Hanafy Rumatiga di di Ruang Rapat Utama Polres, Kota Masohi Rabu (23/9/2020).

Kapolres Malteng, AKBP Rosita Umasugy mengatakan MoU yang dilakukan ini merupakan tindak lanjut dari penandatangan MOU yang telah dilaksanakan oleh Kapolda Maluku dan Kepala Kanwil Agama Provinsi Maluku dalam hal pembangunan akhlak keumatan yang perlu ditingkatkan.

Nantinya Polres dan Kemenag Malteng secara bersama memberikan pencerahan kepada masyarakat melalui Bhabinkamtibmas yang berkolaborasi dengan penyuluh agama di Malteng.

“Sinergitas antara Bhabinkamtibmas dengan Penyuluh Agama harus terus ditingkatkan untuk bersama-sama melakukan penguatan kepada masyarakat,”ungkapnya dalam rilis yang diterima Terasmaluku.com.

Loading...

Apalagi penguatan pemahaman kepada masyarakat ini bertujuan untuk menjaga keluarga dan masyarakat dari hal-hal yang melanggar aturan baik secara hukum maupun secara agama.

“Harapan tindak lanjut ke depannya akan dilaksanakan sampai ditingkat kecamatan,”sambungnya.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Malteng, Hanafy Rumatiga mengatakan Polres dan Kemenag Malteng merupakan dua instansi yang punya kewenangan untuk melihat masyarakat.

Melalui kolaborasi Polres dan Kemenag, maka akan memanfaatkan lembaga dakwah untuk memberikan bimbingan, arahan dan nasihat kepada masyarakat.

Kemenag Malteng sendiri lanjut Rumatiga, memiliki 107 Penyuluh Agama Islam dan 63 Penyuluh Agama Kristen yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Maluku Tengah yang siap dikerahkan untuk melaksanakan program dimaksud.

“Kami sudah menyampaikan kepada Penyuluh Agama di Kecamatan di Kota Masohi dan Kecamatan Amahai terkait program yang akan kita laksanakan,”tandasnya. (Ruzady Adjis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *