Polres Malra Gelar Rakor Operasi Siwalima Ramadhan

by
Polres Malra Gelar Rakor Operasi Siwalima Ramadhan

TERASMALUKU.COM,TUAL– Kepolisian Resor Maluku Tenggara (Malra) yang membawahi  Kota Tual dan Kabupaten Malra menggelar rapat koordinasi (Rakor) lintas sektoral terkait pelaksanaan Operasi Siwalima pengamanan Ramadhan Tahun 2017, yang berlangsung  Rabu (31/5) di Mapolres Malra.  “Rakor lintas sektoral ini dilaksanakan dalam rangka  pengamanan selama bulan Suci Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah,” kata Kapolres Malra Agus Riyanto yang memimpin Rakor tersebut.

Ia mengungkapkan, Rakor bertujuan untuk menyamakan persepsi seluruh pemangku kepentingan di Tual dan Malra sehingga permasalahan yang ada pada tahun – tahun sebelumnya pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri  seperti persoalan perhubungan, kelangkaan sembako dan pengamanan, dapat diminimalisir. Kapolres berharap  seluruh instansi baik Kepolisian, TNI, pemerintah daerah, instansi vertikal, PLN, ASDP, Bulog dan Syahbandar diharapkan dapat memberikan pelayanan terbaik selama Ramadhan hingga Idul Fitri.

Sementara itu, Waka Polres Malra Kompol  Rosita Umasugi menyatakan, arus mudik selama Ramadhan hingga  jelang dan sesudah Hari Raya Idul Fitri harus dikoordinasikan pengaturan dan pengamanannya oleh seluruh pihak yang berkepentingan agar dapat berjalan baik. “Penyediaan alat transportasi dan pengamanan bagi masyarakat pengguna jasa angkutan darat, laut maupun udara perlu dikoordinasi dengan baik,” katanya.

Ia juga menyatakan selama ini persoalan minuman keras (miras) menjadi penyebab utama kecelakaan, dan keributan di tengah-tengah masyarakat. “Karena itu, Polres sejak sebelum dan menjelang ibadah puasa telah melakukan operasi pemberantasan miras di Tual maupun Maluku Tenggara,” katanya.

Waka Polres juga mengakui, meskipun sudah seringkali dilakukan upaya pemberantasan yang diakhiri dengan pemusnahan miras, sejauh ini belum dapat menimbulkan efek jera. “Jadi seluruh stakeholder diharapkan dapat bersama-sama mendukung upaya pemberantasan miras. Koordinasi dengan pihak DPRD maupun Pemda juga diperlukan untuk membahas dan membuat sebuah Perda tentang miras.” katanya. (AS)