Polresta Ambon Minta Pedagang Dukung Kamtibmas Rencana Relokasi Pedagang Ke Pasar Passo

by
Petugas mengerahkan alat berat untuk menghancurkan ratusan lapak pedagang di Pasar Mardika Ambon, Selasa (22/9/2020). Pembongkaran ini dilakukan untuk revitalisasi Pasar Mardika. FOTO : ALFIAN SANUSI

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Waka Polresta Pulau Ambon dan PP Lease, AKBP Heri Budianto meminta dukungan seluruh pedagang di komples pasar Mardika untuk mendukung aparat kepolisian dalam menjaga situasi kamtibmas terkait rencana relokasi pedagang ke pasar Passo, Kecamatan Baguala.

“Untuk situasi relokasi, kami meminta dukungan masyarakat setempat terutama bagi para pedagang di pasar Mardika untuk mendukung dalam hal keamanan sambil menunggu kebijakan dari pemerintah kota (Pemkot) Ambon untuk relokasi pasar,” katanya, di Ambon, Minggu (15/11/2020).

Permintaan tersebut disampaikan dalam kegiatan ‘Duduk Bacarita Kamtibmas’ yang digelar Polda Maluku dan berlangsung di Masjid Al-Taqwa asrama polisi Tantui Ambon.”Dalam dialog ini kami dari pihak kepolisian sangat berterimakasih atas masukan dan apa yang disampaikan akan ditindaklanjuti,” ujarnya.

Polri juga membutuhkan kerja sama yang baik serta edukasi dari masyarakat, dan berbagai masukan ini akan disampaikan kepada Pemkot Ambon tentang adanya berbagai tanggapan dalam dialog ini.

Menurut Zen, salah satu pedagang di Pasar Mardika, sekitar tiga bulan lalu akan diadakan relokasi ke pasar Passo dan sempat ditolak para pedagang

Loading...

Pedagang lainnya, Somat mengatakan,  untuk pertokoan tidak ada masalah tetapi menurutnya, kisaran suara dari para pedagang 99 persen tidak setuju untuk direlokasi ke tempat yang baru di Passo, karena terlalu jauh dan apa yang di sampaikan oleh pemerintah pun belum efisien.

“Perlu diketahui untuk aparat kepolisian bahwa di pasar Mardika itu banyak preman dan pencopet yang harus ditindak tegas,” ujarnya.

Kabag Ops Polresta Pulau Ambon, AKP Syahrul mengatakan, pos pengamanan di Mardika sudah ada, sedangkan untuk kegiatan patrolinya akan lebih tegas lagi guna mengontrol situasi keamanan di pasar tersebut.

Menyangkut pelaporan dari masyarakat untuk kasus pencopet belum ada, tetapi pihaknya akan mengecek anak buah di lapangan secara tertutup, dan Polri tetap mendukung apa yang sudah diarahkan oleh pemerintah serta siap membantu terjalinnya keamanan dalam situasi relokasi pasar.

Untuk kemacetan di pasar Mardika dan arah BCA, hal ini juga akan disampaikan kepada Kasat Lantas Polresta Pulau Ambon dan P.P. Leaseuntuk menindaklanjutinya ke depan untuk pengaturan arus lalu lintas.(Antara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *