Posisi Kapal Nelayan KM. Yora 03 Diketahui Sebelah Barat Pulau Mangole

by
Pesawat Bakamla RI melakukan operasi udara pencarian kapal nelayan KM. Yora 03 di Perairan Pulau Buru, Pulau Seram dan Ambon pada Kamis (31/8). FOTO : ADI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pencarian kapal nelayan KM. Yora 03 yang hilang mulai ada titik terang. Posisi kapal diperkirakan berada di sebelah barat Pulau Mangole, Kepulauan Sula, Maluku Utara atau 60 NM dari Pulau Mangole, 70 NM sebelah barat Pulau Obi,  sekitar 195 NM dari Pulau Ambon.

Namun pencarian dengan menggunakan pesawat Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI ke lokasi pada Jumat (1/9) terpaksa ditunda karena cuaca buruk. Kasubdid Penyelenggara Operasi Udara Bakamla RI, Kolonel Pnb Joko Tri Wibowo menyatakan, posisi kapal dengan 15 orang nelayan itu  diketahui, setelah pemilik kapal mendapat informasi lewat radio panggil dari KM.Nusantara Indah pada Jumat (1/9).

“Posisi kapal di sebelah barat Pulau Mangole  disampaikan pemilik kapal nelayan KM. Yora 03 ke saya, yang mendapat informasi dari KM. Nusantara Indah lewat radio panggil,” kata Joko, yang juga pimpinan  operasi pencarian KM.Yora 03 lewat  udara saat dihubungi, Jumat sore.

Atas informasi tersebut, Joko berkoordinasi dengan  Bakamla Zona Maritim Timur, Komandan Lanud Pattimura  Ambon Kolonel Pnb  Aldrin P Mongan, keluarga nelayan serta instansi terkait lainnya untuk upaya pencarian lanjutan dengan pesawat Bakamla RI.

Tim pencari dengan pesawat Bakamla RI

Namun menurut Joko, setelah dilakukan briefing bersama di posko komando  pencarian Ruang VIP Lanud Pattimura Ambon pada Jumat  siang, diputuskan pencarian dengan pesawat Bakamla RI tidak bisa dilakukan karena cuaca buruk.

Loading...

Apalagi lanjut Joko, posisi kapal seperti dilaporkan di sebelah Barat  Pulau Mangole  butuh waktu penerbangan ke lokasi sekitar  1,5 jam, sehingga dibutuhkan waktu terbang hingga kembali ke Ambon tiga jam.

“Pencarian dengan pesawat pada  Jumat ini tidak bisa dilakukan karena cuaca buruk baik di wilayah Pulau Ambon maupun di sekitar lokasi. Kita juga butuh waktu ke lokasi sekitar 1,5 jam, dan balik ke Ambon lagi 1,5 jam. Itu berarti kita harus terbang tiga jam dalam kondisi cuaca buruk,” kata Joko.

Ia juga menyatakan, pencarian ke lokasi  akan dilanjutkan pada Sabtu (2/9) pagi jika cuaca memungkinkan pesawat terbang. Sebelumnya selama tiga hari berturut hingga Kamis (31/8) pesawat Bakamla RI jenis Avia Star melakukan operasi udara pencarian KM. Yora 03 di wilayah perairan Pulau Ambon, Pulau Buru, Pulau Seram hingga ke perairan  Pulau Obi. Namun tidak menemukan tanda-tanda. Pencarian juga terganggu karena cuaca buruk.

Seperti diketahui, kapal nelayan KM. Yora 03 dengan bobot 5 GT bertolak dari Pelabuhan Galala Kota Ambon pada Rabu (23/8) untuk melakukan penangkapan ikan di daerah tangkapan sekitar perairan Pulau Seram. Namun kapal yang diawaki  15  nelayan asal Galala dan Hative Kecil  Kota Ambon itu sejak Sabtu (26/8) hilang kontak. (ADI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *