PPP Maluku Perpanjang Pendaftaran Balon Gubernur, Bupati dan Walikota  

by
Sekretaris Bappilu DPW PPP Maluku Reza Bahaweres memberikan keterangan pers di Kantor DPW PPP Maluku, Senin (10/7). FOTO : ALFIAN (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,AMBON-Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Maluku, memperpanjang pendaftaran bakal calon (Balon) Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku hingga tanggal 15 Juli 2017 mendatang. Hal yang sama juga terjadi pada  DPC PPP Kota Tual dan Maluku Tenggara (Malra) untuk Balon Walikota,  Wakil Walikota serta  Balon  Bupati dan Wakil Bupati.  Ini dilakukan karena hingga kini sejumlah  Balon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang mengambil formulir pendaftaran baik  di DPW PPP,DPC PPP Kota Tual dan DPC PPP Malra  belum juga mengembalikan berkas pendaftaran mereka.

“Setelah hasil koordinasi dengan DPP maka kita hanya diberikan waktu tambahan hingga 15 Juli mendatang untuk menutup seluruh pendaftaran dan pengembalian berkas  bakal calon kepada daerah dan wakil kepala daerah,” kata Sekretaris Bappilu DPW PPP Maluku Reza Bahaweres dalam keterangan pers di Kantor DPW PPP Maluku, Senin (10/7).

Reza mengatakan, setelah proses penutupan Balon kepala daerah dan wakil kepala daerah, DPW PPP Maluku akan melanjutkannya dengan tahapan verifikasi berkas Balon, kemudian menyerahkannya ke DPP PPP. Setelah itu menunggu instruksi lebih lanjut terkait proses pentahapan yang dilaksanakan DPW PPP Maluku dalam rapat pimpinan wilayah.

Sebelumnya DPW PPP Maluku membuka pendaftaran  Balon Gubernur dan Wakil Gubernur, dan juga Balon kepala daerah di Tual dan Malra dari  16 Juni sampai dengan 1 Juli 2017 lalu. Menurut Reza, khusus  untuk pendaftaran Balon Gubernur hingga kini sudah ada sejumlah figur yang mengambil formulir.

Diantaranya Gubernur Maluku Said Assagaff, Komandan Korp Brimob RI Irjen Pol Murad Ismail, Bupati Buru Selatan Tagop Soulisa, Julius Larumerissa, dan Joshua Max Youltuwu. Namun baru Said Assagaff dan Murad Ismail yang mengembalikan berkas pendaftaran  mereka.  Sedangkan untuk Balon Wakil Gubernur Maluku, yang sudah mengembalikan berkas ke DPW PPP Maluku yakni Bupati Malra Andreas Retranubun dan Ketua Fraksi Golkar DPRD Papua Barat, Moses Rudy Timisella.

Sementara di DPC PPP Kota Tual, Balon Walikota Tual yang sudah mendaftar yaitu  mantan Sekot Tual, Basri Amin Bandjar, Walikota Tual, Adam Rahayaan dan Wakil Bupati Malra  Yunus Serang.  Dengan Balon  Wakil Walikota yang mendaftar yakni Farida Rahawarin, Agus Tamnge, dan Eva F Barubun. “Jadi ada tiga Balon Walikota dan tiga  Balon Wakil Walikota Tual yang sudah mendaftar di DPC PPP Kota Tual, namun mereka belum kembalikan berkas, ” kata Reza.

Di DPC PPP Malra yang mendaftar   untuk Balon Bupati  ada empat. Diantaranya Yanorius Resubun, Esebius Putra Safsahubun, Angelius Renyaan, dan Taher Hanubun. Untuk Balon Wakil Bupati ada tiga yakni Abdurahman Matdoan, Pacar Leisubun, dan Amir Rumra.

Sementara untuk satu pasangan Balon Bupati dan Wakil Bupati yang mendaftar berpasangan, yakni Edo Rahail dan Nur Samsia. “Kami masih menunggu untuk mengembalikan berkas pendaftaran seluruh Balon Gubernur Maluku, Walikota Tual, dan Bupati Maluku Tenggara sampai dengan tanggal yang telah ditentukan,” katanya. (IAN)