Prajurit AL Sapu Bersih Juara Lomba Triathlon Nusa Laut Adventure 2016

by
Peserta lomba di Pantai Nusa Laut (Nurdin Tubaka)

AMBON-Prajurit TNI Angkatan Lautan (AL) mendominasi juara lomba Triathlon Nusa Laut Adventure 2016 memperebutkan piala Panglima TNI Cup 2016 yang digelar pada Sabtu (15/10). Atlit dari AL mencatat kemenangan di semua level untuk kategori TNI/Polri.Pada kategori perorangan TNI/Polri Putra usia 30 tahun, juara pertama dimenangkan Klk Hari Rohman (Kopaska TNI AL), juara kedua Praka Marinir Dedi dan juara ketiga, Seta (Kopaska TNI AL). Untuk kategori TNI/Polri usia 29 tahun, juara pertama diraih Pratu Jefri (Kopaska TNI AL).
Sementara pada ketegori usia 40 hingga 43 tahun, anggota TNI AL juga mencatat kemenangan menempati urutan ke kedua dan ketiga. Selain itu prajurit TNI AL juga mencatat kemenengan pada beberapa kategori yakni Best Reaner, Umum Putri dan kategori usia 50 tahun.
Triathlon adalah lomba cabang olahraga yang menggabungkan tiga jenis olahraga. Yakni, olahraga renang, balap sepeda dan lari. Semua peserta lomba yang ikut Triathlon wajib menyelesaikan seluruh rute yang ditempatkan panitia penyelenggara.Untuk rute lomba renang, peserta harus menyelesaikan renang sepanjang 300 meter, kemudian balap sepeda dengan melintasi tujuh desa di Kecamatan Nusa Laut dengan jarak tempuh 22,7 kilometer, dan terakhir lomba lari sejauh lima kilometer.
Lomba Triathlon Panglima TNI 2016 dengan hadiah Rp 269 juta mendapat antusias luar biasa dari warga Nusa Laut. Warga terlihat tumpah rua ke jalan dan pantai melihat para atlet mengikuti lomba. Warga bahkan berdiri di tepi jalan yang dijadikan arena Triathlon, untuk memberikan air kepada para atlet yang melintasi jalur.
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmanto dalam sambutannya yang dibacakan Pangdam 16 Pattimura Doni Monardo minta peserta bersair secara sportif, jujur dan penuh kompetetif, agar meraih prestasi secara terhormat. Lomba ini merupakan rangkaian dari HUT TNIke 71 dan upaya mempromosikan potensi wisata Pulau Nusa Laut Kabupaten Maluku Tengah, Maluku itu.
“Dengan lomba Triathlon ini,selain berolahraga kita juga dapat mempromosikan potensi wisata Pulau Nusa Laut,” kata Pangdam, saat melepas lomba. Mantan Danjen Kopassus ini juga ikut menjadi peserta dalam lomba ini. Doni yang juga mantan Komandan Paspamres berbaur dengan peserta lainnya. Lomba diikuti sekitar 400 peserta dari berbagai kategori.
Lomba Triathlon tidak saja diikuti oleh para atlet dari TNI/Polri, namun juga oleh masyarakat di Nusa Laut dan para atlet dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk para atlet nasional yang perna menjadi juara di ajang internasional seperti ASIAN Cup. (DIT)