Presiden Jokowi Dianugerahi Gelar Adat Maluku

by

AMBON-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Penganugerahan Gelar Adat Kehormatan “Upu Kalatia Kenalean Da Ntul Po Deyo Routnya Hnulho Maluku” yang diberikan Majelis Latupati Provinsi Maluku di Kristian Center kawasan Talake Kota Ambon, Jumat (24/2). Saat itu  presiden membuka Musyawarah Besar (Mubes) raja-raja. Pemberian gelar adat kehormatan ini  ditandai dengan pemasangan jubah kebesaran oleh Ketua Majelis Latupati Maluku Bonifaxius Silooy didampingi Gubernur Maluku Said Assagaff  kepada Presiden Jokowi.

Gelar adat ini diberikan kepada  Presiden  karena dianggap sebagai pemimpin besar yang peduli  terhadap kesejahteraan hidup masyarakat,  dengan dasaran keputusan majelis adat Maluku yang terdiri atas para tetua adat atau Latupatti.

Loading...

Menurut presiden, gelar adat ini merupakan tanggung jawab moral untuk memajukan dan mensejaterakan Maluku  lebih khususnya, dan  rakyat Indonesia secara keseluruhan. “Gelar adat ini merupakan tanggungjawab moral saya untuk mensejahterakan masyarakat baik di Maluku secara khusus  maupun rakyat Indonesia. Saya terharu atas gelar kehormatan ini,” katanya.

Penganugerahan gelar tersebut  bersamaan dengan lawatan Presiden Jokowi ke Ambon selama dua hari  untuk membuka Tanwir Muhammadiyah sekaligus membuka Mubes  para raja se Maluku. (IAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *