Presiden Jokowi Lantik Gubernur Dan Wakil Gubernur Maluku, Begini Prosesi Pelantikannya

by
Presiden Joko Widodo bersama Murad Ismail dan Barnabas Orno serta Mendagri melakukan kirab dari Istana Merdeka ke Istana Negara sebelum dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku periode 2019-2014, Rabu (24/4/2019). FOTO : Biro Pers, Media dan Informasi Istana Kepresidenan

TERASMALUKU.COM,-JAKARTA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Masa Jabatan 2019 – 2024 di Istana Negara, Rabu (24/4/2019). Prosesi pelantikan dimulai dengan kirab dari Istana Merdeka ke Istana Negara.

Selanjutnya, Deputi Bidang Administrasi Aparatur, Kementerian Sekretariat Negara, Cecep Sutiawan, membacakan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 189/P Tahun 2018 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku masa jabatan 2019-2024.

Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku masuk Istana Negara

Usai pembacaan Keppres tersebut, Gubernur Maluku dan Wakil Gubernur terpilih, Irjen Pol (Purn) Murad Ismail dan Barnabas Nathaniel Orno, mengucapkan sumpah janji jabatan yang dipimpin oleh Presiden Jokowi.“Terlebih dahulu saya akan bertanya kepada Saudara-saudara. Bersediakah Saudara-saudara mengucapkan sumpah janji menurut agama masing-masing?” ujar Presiden yang kemudian dijawab serentak oleh Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih bersedia.

Presiden menyerahkan SK kepada Gubernur Maluku. Biro Pers, Media dan Informasi Istana Kepresidenan

Presiden Jokowi kemudian meminta Gubernur dan Wakil Gubernur mengikuti dan mengulang sumpah, “Bahwa saya, akan memenuhi kewajiban saya sebagai Gubernur, sebagai Wakil Gubernur, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa.”

Usai pelantikan, Presiden Jokowi dan Ibu Negara memberikan ucapan selamat kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku bersama istri mereka. Turut hadir Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, serta  Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, anggota DPR RI, DPD RI,  pimpinan Parpol, Sekda Maluku, Hamin Bin Thahir, para kepala daerah se Maluku dan undangan lainnya. (ADI/setkab.go.id)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *