Prof Batlajery, Guru Besar Teologi Pertama di UKIM

by
Prof Dr Agustinus ML Batlajery, Ph.D. FOTO. DOK.PRIBADI

TERASMALUKU.COM,-AMBON-SETELAH melalui proses pengusulan dan selanjutnya penilaian jabatan guru besar oleh Menteri Ristek Dikti RI akhirnya Pdt Dr Agus Batlajery, Ph.D meraih jabatan Profesor di bidang teologi pada Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) Ambon. Dr Sonny Hetaria, Dekan Fakultas Teologi UKIM Ambon menyebutkan bahwa ini merupakan sebuah peristiwa sejarah.

“Selamat dan sukses kepada Profesor Agus Batlajery, Ph.D… Profesor pertama produk Fakultas Teologi dan UKIM, Profesor pertama pada LLDIKTI Wilayah XII, dan Profesor pertama bidang Teologi pada Gereja Protestan Maluku (GPM). Bangga sebagai lembaga penghasil sang profesor… ” tulis Dekan Teologi ini di laman facebooknya, Selasa (3/9/2019).

Di antara berbagai pihak yang menyampaikan ucapan selamat melalui media sosial, mantan Ketua Umum Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia, Pdt Dr Andreas A Yewangoe turut menyampaikan selamat kepada Prof Agus Batlajery. “Selamat jadi guru besar. Kami menunggu karya selanjutnya” tulis anggota Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) ini.

Sejarah mencatat untuk pertama kali UKIM Ambon menghasilkan Guru Besar (Profesor) di bidang Teologi. Mantan Rektor UKIM ini menyelesaikan S3 di bidang Dogmatika di STT Jakarta dan double degree Ph, D di Vriij Universiteit Negeri Belanda. Ia merupakan salah satu pakar Calvinisme di Indonesia dan internasional. Prof Batlajery saat ini merupakan salah satu dosen senior di Fakultas Teologi UKIM Ambon.

loading...

Di Indonesia sebelumnya sudah ada empat Profesor di bidang teologi yakni Prof John Titaley, mantan Rektor UKSW Salatiga, Prof Gerrith Singgih di UKDW Jogjakarta, Prof Jan Aritonang dan Prof Semuel Hakh dari STT Jakarta. “Proficiat Prof. Sebagai para murid, kami bangga & bersyukur atas pencapaian historis ini,” tulis Dr Yudith Tiwery, salah satu mantan mahasiswa Prof Agus yang kini menjabat Wakil Rektor II di IAKN Ambon.

Selamat Prof Agus. Selamat UKIM. Selamat atas seluruh pencapainnya di 34 tahun UKIM yang jatuh pada tanggal 1 September 2019. (RR)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *