Prof Nomura Ichiro Akan Berikan Kuliah Umum Di Unpatti

by

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pasca Sarjana Universitas Pattimura akan melakukan kuliah umum dengan menghadirkan Prof Nomura Ichiro, Penasihat Kebijakan Perikanan JICA(JICA Fisheries Policy Advisor) untuk Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Kuliah umum dengan topik “Global Trend on Environment and Fisheries Policy and Economic Perspective” ini berlangsung di Ruang Seminar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Kampus Unpatti Poka, Rabu (24/4/2019).

“Kuliah umum ini akan dimoderatori langsung Direktur Pasca Sarjana Prof. Alex SW Retraubun, M.Sc dan dihadiri seluruh civitas akademika Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, mahasiswa pasca sarjana dan doktoral Universitas Pattimura Ambon,” kata Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia, Amrullah Usemahu kepada Terasmaluku.com, Selasa (23/4/2019).

Berikut Sekilas Profil Prof. Nomura Ichiro

Prof. Nomura Ichiro saat ini adalah Penasihat Kebijakan Perikanan untuk Kementerian Kelautan dan Perikanan pada masa jabatan kedua setelah masa jabatan pertama dari 2013-2015. Sebelum datang ke Jakarta, Prof. Nomura adalah Senior Research Principal Fellow di Aliansi Kelautan Universitas Tokyo untuk 2011-2012. Ia juga menjabat sebagai profesor terkemuka di Divisi Manajemen Sistem Produksi Kelautan Universitas Nasional Pukyon, Busan, Republik Korea dari 2011 hingga 2013.

Prof. Nomura memegang jabatan tersebut, dari April 2000 hingga Agustus 2010, posisi Asisten Direktur Jenderal dan kepala Departemen Perikanan dan Akuakultur Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) di Roma, di mana ia bertanggung jawab atas semua program dan kegiatan FAO di bidang perikanan dan akuakultur. Sebelum datang ke FAO, ia telah memegang berbagai posisi yang bertanggung jawab di Badan Perikanan Pemerintah Jepang selama lebih dari 25 tahun dan terkenal di berbagai forum perikanan internasional, termasuk negosiasi Perjanjian Kepatuhan FAO, negosiasi Perjanjian Stok Ikan PBB, dan lainnya.

Prof. Nomura juga menjabat sebagai Ketua Komite Perikanan OECD dan Ketua Komisi Internasional untuk Konservasi Tuna Atlantik. ia meraih gelar Magister Hukum dan Diplomasi dari Fletcher School of Law and Diplomacy, Tufts University, AS, dan Magister Administrasi Publik dari John. F. Kennedy School of Government, Universitas Harvard, AS.

Selain itu Prof. Nomura pernah menjabat sebagai anggota Dewan Pengawas MSC (Marine Stewardship Council, badan pelabelan lingkungan yang terkenal untuk produk perikanan) dari 2010 hingga 2016. ia saat ini juga menjadi anggota Dewan ISSF (Keberlanjutan Seafood Internasional) Foundation, LSM untuk perikanan tuna berkelanjutan global). (ADI)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *