Program Emas Biru Makin Diapresiasi Public

by
Amrullah Usemahu

AMBON – Kodam 16  Pattimura terus  menggalakan implementasi program emas biru. Kali ini lewat moment Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) ke-2 yang dipusatkan  di  Pantai Liang Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.

Lewat momentum ini,  Kapendam 16  Pattimura  Kolonel Arh. Hasyim,  mewakili Pangdam menyampaikan materi  tentang  implementasi program emas biru di Maluku dalam mendukung Maluku sebagai poros maritim Indonesia.

Materi Kapendam ini disampaikan  dalam  seminar nasional bertemakan “Mengembalikan Daulat Maluku ke poros Maritim Dunia”, yang merupakan rangkaian PPMN.  Dalam pemaparannya, Kapendam menjelaskan menganai program emas biru  di Maluku yang diprakasai Pangdam 16 Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo itu.

Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia  Amrullah Usemahu menyatakan, dengan intensnya sosialisasi program emas biru  di kegiatan  berskala regional maupun nasional kiranya program ini bisa menjadi program pemberdayaan strategis untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan potensi laut yang begitu besar.

“Indonesia adalah negara kepulauan dengan sekitar 75 persen  wilayahnya adalah lautan dan 25 persen dalah daratan.  Sehingga kiranya dengan melihat kondisi karakteristik yang ada maka sudah sepantasnya Kelautan dan Perikanan menjadi lokomotif pembangunan Indonesia kedepan dan didalamnya ada potensi emas biru (budidaya ikan) yang perlu dikelola secara maksimal,” kata Usemahu dalam rilisnya yang diteriam Terasmaluku.com,Rabu (25/5).

Ia menyatakan, kiranya lewat gerakan kepramukaan melalui PPMN merupakan awal kebangkitan dan komitmen ‘Praja Muda’ agar mencintai laut dan dapat mengambil bagian dalam misi pembangunan dan kemanusiaan guna terwujudnya visi Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Usemahu menyatakan, gerakan Pramuka harus dapat membangun generasi muda untuk menjadi warga negara yang kreatif, mandiri, berkualitas serta bertanggungjawab dan  dapat memanfaatkan potensi lautnya secara terarah, terpadu dan berkelanjutan. ADI