Proses Hukum PLTMG Namlea, Sesuai Prosedur Hukum yang Berlaku

by
Sumber: Indonesia.go.id

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Persoalan hukum terkait PLTMG Namlea 10 MW telah melewati proses dan titik terang. Usai ada pemberitaan beberapa waktu lalu di media massa, PLN memastikam Pengadaan Tanah untuk pembangunan PLTMG Namlea telah berjalan sesuai prosedur.

“Itu ada tertuang dalam UU Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum dan peraturan internal PLN. Terkait pembayaran ganti rugi terhadap tanah PLTMG Namlea,” ucap Faruq Suyuthi Senior Manager Komunikasi dan Pertanahan PLN UIP Maluku.

Loading...

Menurut Faruq, hal itu merujuk pada hasil penilaian Nilai Penggantian Wajar (NPW) yang dikeluarkan oleh Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) yang mempunyai izin praktik oleh Menteri Keuangan dan Lisensi dari lembaga pertanahan. Pihak inilah yang menilai harga/nilai objek untuk pengadaan tanah. Hal tersebut dilakukan sesuai dengan prosedur peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Terkait dengan proses hukum yang telah berlangsung sejak penyelidikan maupun penyidikan, sampai saat ini di Kejaksaan Tinggi Maluku maupun di Pengadilan nantinya, PLN akan tetap koorperatif mendukung proses hukum yang berjalan. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *