PSBB Transisi Efektif Jadikan Warga Ambon Taat Protokol Kesehatan

by
sumber: republika.co.id

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk percepatan penanganan covid-19 di Kota Ambon ternyata efektif menjadikan warga taat protokol kesehatan. PSBB masa transisi kini memasuki tahap ke VIII di Kota Ambon.

Ketua Harian Satgas Covid-19 Provinsi Maluku Kasrul Selang mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi penerapan aturan protokol kesehatan melalui PSBB oleh Pemerintah Kota Ambon, masyarakat Kota Ambon patuh terhadap protokol kesehatan. Kondisi ini berpengaruh terhadap tingkat kesembuhan dan penurunan angka terkonfirmasi positif covid-19.

Kasrul menyebutkan sekitar 80 hingga 90 persen masyarakat di Kota Ambon mematuhi protokol kesehatan terutama di tempat-tempat umum dan jalanan.

“Kalau kita lihat Pemerintah Kota Ambon luar biasa. Hasil evaluasi PSBB transisi itu di tempat umum dan di jalanan sudah berjalan efektif. Artinya masyarakat 80-90 persen taat protokol kesehatan,”kata Kasrul di Ambon, Rabu (28/10/2020).

Loading...

Namun, yang menjadi persoalan saat ini adalah di kawasan pemukiman. “Persoalan di pemukiman, karena kadang-kadang kita rasa hanya duduk dengan teman, kita lengah tidak pakai masker dan sebagainya,”sambung Kasrul.

Hal ini lanjut Kasrul juga sudah disadari oleh Pemkot Ambon, sehingga Pemkot Ambon kembali optimalkan upaya-upaya pencegahan dengan menyasar ke kawasan pemukiman untuk terus memberikan himbauan dan sosialisasi protokol kesehatan kepada warga.

“Nah Pemkot (Ambon) sadari itu sehingga mereka masuk sampai ke kawasan-kawasan di dalam pemukiman sosialisasi tentang protokol kesehatan, disertai sanksi bagi para pelanggar. Semoga dengan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang protokol kesehatan,”tandas Kasrul. (Ruzady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *