PSBB Transisi, Warga Ambon Mulai Ngopi di Kafe

by
Kafe Barista Ambon, Senin (20/7/2020). FOTO : TERASMALUKU.COM

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pemerintah Kota Ambon, Senin (20/7/2020) resmi memberlakukan PSBB transisi sebagai upaya penanganan covid-19. Di hari pertama penerapan PSBB transisi, warga Kota Ambon mulai ngopi di kafe-kafe atau rumah kopi. Kafe atau rumah kopi yang selama masa pemberlakuan PSBB I dan II ditutup, kini dibuka saat PSBB transisi.

Seperti Barista Kafe di kawasan Jalan Rotan, bilangan kawasan AY Patty Ambon. Sejumlah pengunjung sejak Senin pagi mulai mendatangi kafe ini. Mereka menikmati berbagai jenis kopi dan menjajal aneka kue dan makanan.

Hendra Abubakar, seorang pengunjung kafe mengakui senang akhirnya bisa ngopi di kafe lagi. “Selama empat pekan pemberlakuan PSBB saya di rumah saja, dan terpaksa minum kopi saset. Syukurlah PSBB transisi ini rumah kopi dibuka sehingga bisa ngopi lagi,” kata Hendra.

Selain bisa ngopi, Hendra mengakui di kafe bisa menemukan suasana baru setelah di rumah saja akibat PSBB.

“Bosan juga lama di rumah, sekarang kita bisa ngopi di kafe tentu dengan menerapkan protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak fisik dan mencuci tangan agar upaya Pemerintah Kota Ambon, aparat keamanan dan kita semua untuk menekan penularan covid-19 di Ambon tidak sia-sia,” ungkap Hendra.

Loading...

Pemilik Barista Kafe, Victor mengungkapkan meski sudah ada yang berdatangan namun jumlah pengunjung masih sepi tidak seperti biasa.

“Hari ini kita mulai terima tamu minum di tempat, memang pengunjung masih sedikit mungkin mereka masih khawatir. Tapi sekarang bisa dibuka lagi meski masih dibatasi,” kata Victor.

Pantauan TERASMALUKU.COM di Kafe Barista, pengelola menerapkan standar protokol covid-19 yang ketat.

Pungunjung kafe dibatasi 50 persen saja. Kursi ditata berjarak. Satu meja biasaya empat hingga lima orang, di masa PSBB transisi ini hanya dua orang saja.

Penerapan ini dilakukan untuk mematuhi protokol kesehatan dan Peraturan Walikota Ambon dimasa PSBB transisi untuk penanganan covid-19.

“Kita disini (Barista) begitu ada kasus pertama covid-19 Maret 2020 di Ambon, langsung terapkan protokol kesehatan, harus pakai masker, cuci tangan dan kursi diatur berjarak,” ungkap Victor.

Selain Barista Kafe, kafe-kafe dan rumah kopi lainnya di kawasan Jalan Samratulangi dan sejumlah lokasi di Kota Ambon juga sudah dibuka. Tentu dengan menerapkan protokol kesehatan.(ADI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *