PT. PNM Cabang Ambon Lakukan Pendampingan dan Pelatihan PKU Kepada Pelaku UMKM

by
Pelatihan UMKM oleh PNM (John Soplanit)

TERASMALUKU.COM, AMBON,- PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Ambon melakukan pendampingan dan pelatihan dalam bentuk Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) kepada para pelaku usaha mikro Kecil menengah (UMKM) di daerah ini.

“Kegiatan pengembangan yang berlangsung pada 0 -12 Maret 2021 dilaksanakan kepada ibu-ibu calon nasabah di Desa Rumah Tiga, Kecamatan Teluk Ambon, dan  melibatkan nasabah PNM Mekaar yang ada di Kota Ambon,” Kata Pimpinan PT.PNM Cabang Ambon Ridul Akbar di Ambon, Jumat.

Menurut dia, kegiatan itu bertujuan memberi pengetahuan dasar bagaimana berwirausaha secara cerdas dan tangkas pada 2021, dengan memberikan modal intelektual berupa motivasi berwirausaha dan pengembangan usaha bagi calon nasabah serta menjalin komunikasi  dan hubungan baik antarcalon nasabah dengan PT PNM.

Karena itu, PT PNM terus melakukan pendampingan kepada nasabah dalam perannya menyalurkan modal kerja dan investasi kepada para pelaku UMKM.

Ridul mengatakan PT PNM melakukan pengembangan kapasitas usaha di Desa Rumah Tiga ini sebagai bagian dari program persiapan pencairan dana nasabah PNM Mekaar kelompok Desa Rumah tiga.

“Jadi kegiatan perdana yang dilakukan secara tatap muka dengan melibatkan 13 orang dari Desa Rumah Tiga ini sebagai pembekalan sebelum menjadi calon nasabah PNM,” ujarnya.

Yang jelas, lanjutnya, calon nasabah, PNM diberikan pembekalan dan persiapan awal pembiayaan modal usaha serta memberikan pelatihan motivasi usaha dan praktek bersama dalam membantu ibu-ibu agar dapat berinovasi atau membuka usaha dengan modal yang diberikan.

Kegiatan pelatihan ini juga terlaksana dengan menerapkan protokol kesehatan yang wajib diikuti setiap peserta, antara lain dengan memakai masker dan cuci tangan.

Selain itu, kegiatan dilaksanakan di tempat terbuka dan dijamin aman dari penularan COVID-19, dan mendapat dukungan penuh dari pemerintah desa Rumah Tiga.

Pewarta : Jimmy Ayal
Editor : Alex Sariwating