Pulang Kampung, Ongen Petinju Asal Buru Ini Disambut Bak Pahlawan

by
Ongen Saknosiwi didampingi petinggi TNI AU tiba di kampung halamannya Desa Waenibe Kecamatan Fenalisela Kabupaten Buru, Selada (17/9/2019). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-NAMLEA-Juara Dunia Tinju Kelas Bulu Versi WBC Asian Boxing Council Continental (ABCC) Pratu Ongen Saknosiwi diberi kesempatan pulang ke kampung halamannya di Desa Waenibe Kecamatan Fenalisela Kabupaten Buru, Maluku pada Selada (17/9/2019). Nama prajurit TNI AU yang berdinas di Lanud Pattimura ini melambung usai kemenangannya melawan petinju asal Thailand, Nanthawat Mailochat di Singapura 7 September 2019.

Tiba di kampung halamannya Ongen disambut bak pahlawan oleh Pemerintah Kabupaten Buru dan pihak keluarganya. Ia pulang ke Buru didampingi Kadispamsan TNI AU, Marsekal Pertama Donald Kasenda dan Komandan Pangkalan TNI AU (Lanud) Pattimura Kolonel Pnb Sapuan. Ongen yang mengenakan pakaian satuan TNI AU sambil memegang sabuk emasnya diarak menuju kampungnya. Kedatangan Ongen mendapat sambutan hangat dari masyarakat Buru.

Ongen Saknosiwi didampingi petinggi TNI AU tiba di kampung halamannya Desa Waenibe Kecamatan Fenalisela Kabupaten Buru

Pemerintah dan warga bangga atas prestasi Ongen yang mengharumkan nama Pulau Buru, Maluku dan Indonesia.  Beberapa warga bahkan nekat memblokir jalan dan menerobos konvoi hanya untuk bersalaman dengan sang juara tinju ini. Begitu tiba di desa kelahirannya, Ongen juga disambut dengan serangkaian upacara adat Pulau Buru. Momen haru terjadi saat Ongen dipertemukan dengan kedua orang tuanya. Ongen tak kuasa menahan tangis bahagia.

Pada pertandingan di Singapura 7 September 2019, Ongen Saknosiwi menang Knock Out (KO) pada ronde ke 4 atas lawannya Nanthawat Mailochat asal Thailand dengan sebuah pukulan keras ke arah rusuk kanan. Kadispamsan TNI AU, Marsekal Pertama Donald Kasenda kepada wartawan mengatakan kedatangan Ongen ke Buru untuk memberikan motivasi bagi generasi muda di Maluku.

“Kami selaku pembina dari satuan TNI AU diminta oleh pimpinan untuk mendampingi saudara Ongen kembali ke tanah kelahirannya di Pulau Buru. Tujuannya tentu untuk menjadikan Ongen sebagai motivasi bagi generasi muda di Maluku khususnya Pulau Buru untuk semakin serius membangun mimpinya terkhusus di bidang olahraga,” kata Donald.

Ongen di beri kesempatan berkumpul dengan keluarga selama kurang lebih tiga hari sebelum kembali menjalani latihan untuk pertandingan mempertahankan gelar juara menghadapi penenantangnya dari Jepang pada November 2019. Renacana ini mendapat dukungan penuh dari Bupati Buru, Ramli Ibrahim Umasugi. Ramli menyebutkan akan memberikan dukungan penuh bagi Ongen dalam mempersiapkan laga berikutnya.

“Selaku pemerintah kabupaten tempat asal Ongen tentu akan memberikan dukungan penuh untuk putra daerah kami yang telah berhasil meraih Juara Dunia versi WBC yang masih harus bertanding mempertahankan gelarnya dalam laga yang akan ia ikuti pada November mendatang,” kata Ramli.(DHE)