Pulau Buru Diguncang Gempa Tektonik 6,1 Tidak Berpotensi Tsunami

by

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Wilayah Pulau Buru diguncang gempabumi tektonik berkekuatan M 6,1, Senin (26/2)  pukul 20.34.57 WIB. Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Mochamad  Riyadi dalam siaran pers yang diterima Terasmaluku.com menyebutkan,  hasil update analisis BMKG menunjukkan, gempabumi berkekuatan M 6,1 itu terjadi dengan episenter terletak pada koordinat pada 2,70 LS dan 126,79 BT tepatnya di laut pada jarak 70 km arah TimurLaut Pulau Buru,  Maluku pada kedalaman 45 km.

Loading...

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) dan laporan masyarakat menunjukkan bahwa gempabumi ini dirasakan di Namlea dalam skala intensitas II SIG-BMKG (III-IV MMI), di Kairatu I-II SIG-BMKG (II-III MMI).  Menurut Riyadi, hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan.

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Subduksi Seram. Hal ini sesuai dengan hasil analisis mekanisme sumber yang berupa sesar naik (thrust fault).

“Hingga pukul 20.50 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan telah terjadi 1 kali aktivitas gempabumi susulan (aftershock) dengan kekuatan M 3,7. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang, gempa tidak berpotensi tsunami,” kata Riyadi. (ADI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *