Puluhan Anggota Lanud Pattimura Jalani Rapid Test, Ini Hasilnya 

by
Proses pengambilan sampel darah oleh anggota Siekes Lanud Pattimura kepada prajurir Lanud Pattimura di Ruang Periksa Siekes Lanud Pattimura, Ambon, Kamis (28/5/2020). FOTO : PEN-PTM

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Sebagai upaya menekan penyebaran Virus Corona atau Covid-19, Pangkalan TNI AU (Lanud) Pattimura kembali melakukan rapid test metode serologi atau mengambil sampel darah kepada 30 personel di Siekes Lanud Pattimura Ambon, Kamis (28/5/2020). Kali ini pemeriksaan rapid test ditujukan kepada seluruh perwira Lanud Pattimura.

Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Sapuan, mengatakan bahwa test ini digelar untuk mendeteksi dan mencegah penyebaran Covid-19 yang kian hari kian bertambah, dengan harapan personel Lanud Pattimura dan lingkungan terbebas dari virus corona. “Test ini dilakukan agar seluruh anggota Lanud bisa terbebas dari virus tersebut,” kata Sapuan.

Sapuan menjelaskan, prosedur test ini dengan darah diambil kemudian dimasukan ke dalam alat centrifuge, setelah itu cairan plasma dari darah diteteskan ke dalam alat rapid test dan akan terbaca dengan waktu selama 20 menit.

Loading...

“Hasilnya, apabila muncul 1 garis kontrol maka dikatakan tidak reaktif atau orang yang bersangkutan tidak terjangkit Covid-19. Namun jika muncul 2 garis maka hasilnya dapat dinyatakan reaktif atau orang tersebut terjangkit Covid-19,” jelas Danlanud.

Terkait hasil pemeriksaan rapid test ini, Kakes Siekes Lanud Pattimura Letda Kes dr. Fahmi mengungkapkan, seluruh personel yang melaksanakan rapid test dinyatakan tidak reaktif Covid-19 atau bebas dari virus.”Dari hasilnya semua anggota yang melaksanakan rapid test ini bebas dari Covid-19,” katanya.

Fahmi menambahkan, rapid test ini akan dilaksanakan secara bertahap kepada seluruh personel Lanud Pattimura. (ALFIAN SANUSI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *