Puluhan Peserta dari Maluku Ikut Seleksi Taruna Perhubungan

by
Sebanyak 33 orang peserta dari Maluku mengikuti tes seleksi taruna/taruni Kemenhub RI yang berlangsung Senin (5/6). FOTO : IAN (TERASMALUKU.COM)

 

TERASMALUKU.COM,AMBON– Sebanyak 33 orang peserta dari Maluku mengikuti tes seleksi taruna/taruni  Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI yang digelar Dinas Perhubungan Provinsi Maluku di SMA Negeri 1 Ambon, Senin (5/6). Tes tersebut dilakukan secara online.

Kasubag Kepegawaian dan Umum Dinas Perhubungan Provinsi Maluku Berthy Tatipakalawan mengungkapkan seleksi yang dilaksanakan oleh Kemenhub di Maluku sudah dilakukan sejak enam tahun lalu. Untuk tahun ini sebanyak 33 orang peserta melakukan tes seleksi penerimaan Kemenhub.  “Peserta yang berjumlah 33 orang ini telah melaksanakan seleksi perhubungan dengan jurusan yang mereka ambil yakni perhubungan darat, laut, udara, dan penyeberangan,” katanya.

Loading...

Ia mengatakan, dasar seleksi taruna dan taruni Perhubungan tahun 2017 ini berdasarkan Surat Keputusan Sekretaris Badan Pusat Pengembangan SDM Kemenhub  Nomor 38 tahun 2017 tentang petunjuk teknis calon taruna perhubungan. Berthy juga mengatakan, untuk kuota penerimaan Kemenhub ini tidak memiliki kuota penerimaan, namun Kemenhub mencari siswa yang berprestasi dan cerdas.

“Tidak ada kuota penerimaan yang ditentukan oleh Kementerian, tetapi dari kementerian terima itu bagi peserta yang pintar dalam tes seleksi ini,” ujar Berthy. Ia menambahkan, untuk seleksi perhubungan ini sudah disampaikan kepada seluruh kabupaten/kota di Maluku dengan cara menyurati. Namun yang mengikuti seleksi ini hanya dari Kota Ambon saja. (IAN)