Puluhan Rumah Warga di Malteng Terendam Banjir, Ratusan Warga Juga Mengungsi

by
Sejumlah kawasan di wilayah Maluku Tengah terendam banjir pada Senin (24/8/2020) hingga Selasa (25/8/2020) akibat hujan. FOTO: PUSDALOPS-PB BPBD Malteng

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Puluhan rumah warga pada sejumlah wilayah di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) terendam banjir akibat hujan di wilayah itu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malteng, Bob Rahmat mengatakan peristiwa itu terjadi pada Senin (24/8/2020) malam hingga Selasa (25/8/2020) saat hujan dan menyebabkan rumah warga terendam banjir.

Rumah warga yang terendam banjir itu diantaranya di Negeri Haruru, Dusun Waitetes Negeri Amahai dan Dusun Simalou Negeri Sepa Kecamatan Amahai,  Kabupaten Malteng. Hingga Selasa (25/8/2020) air masih menggenangi rumah warga.

Penyebab banjir di tiga kawasan itu menurut Rahmat karena sistem drainase yang buruk menyusul hujan deras di wilayah itu. “Jadi memang jalur ini sudah langganan banjir kalau hujan sedikit, karena memang sistem drainasenya buruk,”kata Rahmat saat dikonfirmasi Rabu (26/8/2020).

Loading...

Menurutnya akibat banjir, sebanyak 689 jiwa dari 117 Kepala Keluarga (KK)  terpaksa harus diungsikan sementara ke masjid, gereja serta sekolah dari tiga wilayah tersebut.

Rahmat menyebutkan korban yang diungsikan berasal dari RT 21 Negeri Haruru sebanyak 64 KK atau 420 jiwa, Dusun Waitetes (KM.8) Negeri Amahai Kecamatan Amahai 33 KK atau 167 jiwa, dan Dusun Simalou (KM.7) Negeri Sepa Kecamatan Amahai sebanyak 20 KK atau 102 jiwa.

Warga kini sudah kembali ke rumah masing-masing karena banjir sudah surut. “Yang harus diperhatikan kedepan ini adalah bagaimana pengurangan resiko banjir di sepanjang jalur kawasan tersebut oleh instansi terkait,” kata Rahmat. (SADI)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *