Puluhan Rumah Warga Kaitetu Terendam Banjir

by
Puluhan rumah warga di Desa Kaitetu Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah terendam banjir pada Selasa (22/5/2018) sore. Ketinggian banjir lebih dari dua meter. Selain rumah warga, banjir juga merendam sebuah musholah di desa itu.

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Puluhan rumah warga di Desa Kaitetu Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah terendam banjir pada  Selasa (22/5/2018) sore. Ketinggian banjir lebih dari dua meter. Selain rumah warga, banjir juga merendam sebuah musholah di desa itu. Banjir ini  terjadi akibat meluapnya Sungai Wailoi Desa Kaitetu menyusul  tingginya curah  hujan di wilayah Kecamatan Leihitu,  Pulau Ambon.

Umar Bin Faiz, seorang warga Desa Kaitetu  mengatakan, air sungai Wailoi mulai masuk ke pemukiman warga sekitar pukul  17:00 WIT karena hujan deras yang mengguyur desa itu .Akibatnya, 20 rumah warga dan satu tempat ibadah yang berdekatan dengan bantaran sungai langsung terendam banjir. “Ketinggian air mencapai dua meter lebih, merendam 20 rumah warga dan sebuah rumah ibadah sejak Selasa  sore,” kata Umar.

Akibat banjir ini, perabot rumah tangga dan barang – barang berharga lainnya basah dan sebagian terbawa arus banjir. Selasa malam, banjir mulai surut setelah hujan redah. Meski demikian, warga masih khawatir terjadinya banjir susulan, mengingat curah hujan masih terus terjadi di Pulau Ambon dan sekitar wilayah Leihitu.

Untuk membantu warga, puluhan aparat Brimob Polda Maluku diterjunkan ke lokasi bencana. Aparat Brimob membersihkan lumpur dan banjir yang melanda pemukiman warga tersebut.  Selain itu, pada Selasa malam, Kepala Badan Penanggulangan Becana Daerah Maluku, Ida Salampessy bersama tim Tagana juga turun ke lokasi bencana.Petugas juga mendirikan tenda bagi para pengungsi yang rumahnya terendam banjir. (IAN)