Puluhan Warga Kota Tual Keracunan Makanan

by
Korban keracunan makanan dirawat di Rumah Sakit Umum (RSU) Karel Sadsuitun Langgur, Maluku Tenggara. FOTO : AS (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-TUAL-Puluhan  warga kompleks Lorong Citra Dusun Mangon Kecamatan Dullah Selatan Kota Tual, sejak Kamis (3/8) hingga Jumat (4/8) siang dilarikan ke Rumah Sakit Umum (RSU)  Karel Sadsuitun Langgur, Maluku Tenggara.

Para pasien  diduga  keracunan makanan saat menghadiri  tahlilan di salah satu rumah warga di kompleks Lorong Citra Dusun Mangon Kecamatan Dullah Selatan Kota Tual pada Rabu (2/8) malam.

Usai santap makanan di acara itu, tidak ada reaksi ataupun kejadian bagi  para  korban.   Namun mulai Kamis (3/8) pagi, siang hingga malam hari,  warga yang mengkonsumsi makanan di acara tersebut pun keracunan. Korban mengalami mual-mual, buang air besar dan muntah-muntah hingga tak sadarkan diri.

Para korban pun  dilarikan ke ruang  IGD RSU  Karel Sadsuitun Langgur.  Salah satu pasien, Hadiyah Al-Atas kepada wartawan di ruang IGD RSU Karel Sadsuitubun mengakui, ia merasa sakit perut terus menerus, mual serta muntah- muntah, sehingga  terpaksa dilarikan ke RSU itu.

“Pada saat saya  habis makan tidak rasa apa-apa, tetapi pagi hari baru rasa sakit perut dan buang-buang air besar, sehingga saya langsung dibawa ke rumah sakit,”katanya.

Korban keracunan terus berdatangan ke rumah sakit itu. Hingga Jumat (4/8) siang, korban keracunan yang dilarikan ke RSU itu berjumlah 42 orang. Dengan rincian,  29 dewasa dan 13 orang anak-anak.

Dugaan sementara keracunan ini berasal dari ayam yang dikonsumsi para korban saat acara tersebut. Hingga  kini belum ada keterangan resmi dari pihak RSU terkait penyebab keracunan ini. (AS)