PUPR Ganti Bangku Taman Bahan Metal Hiasi Jalan Kota Ambon

by
PUPR Adakan 41 bangku taman di jalan kota Ambon, salah satunya di depan SMA Negeri 2 Ambon, (9/2). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Dinas PUPR Kota Ambon menempatakan puluhan bangku di jalan-jalan utama Kota Ambon.

Bangku-bangku taman itu ditempatkan agar bisa dinikmati oleh warga. Khususnya pada ruas jalan utama kota yang telah diberi lampu taman.

Seperti pada Jalan Pattimura. Saat jelang malam, ratusan buah lampu yang melintang itu membuat suasana makin syahdu.

Staf Cipta Karya DPUPR, Piet Talakua kepada wartawan menjelaskan pengadaan bangku taman bagian dari percantik jalan kota. Terdapat puluhan bangku ragam motif dengan corak warna coklat dan putih.

“Katong tempatkan kursi di situ biar masyarakat bisa nikmati. Ada 41 buah. Katong tempatkan di jalan di Kota Ambon,” terang Piet kepada wartawan pekan lalu.

Sebelumnya, di jalan Pattimura sudah ada bangku taman. Bergaya klasik, bahan kayu dan besi. Sayangnya kondisi cuaca membuat kayu lekas lapuk. Saat malam, bangku-bangku itu rawan jadi sasaran tindakan tangan-tangan usil.

Karena itu pihaknya mengganti bangku taman tersebut dengan metal cutting. Tujuannya agar lebih tanah lama. Bagian bawah bangku pun diberi sekrup khusus dan disambungkan dengan pedestrian agar tidak gampang copot atau dicopot orang tak bertanggungjawab.

“Harapnnya kursi ini awet dan masyarakat kan bisa duduk menikmati. Kalau capek di jalan bisa duduk,” terangnya.

Total anggaran yang digunakan untuk pengadaan bangku taman senilai Rp 194.700.000. prjket itu katanya sepaket dengan pengadaan penunjuk arah metal cutting yang ditempatkan juga di jalan utama kota.

Daniella Leiwakabessy, pejalan kaki di kawasan Jalan Yan Paays menyatakan dirinya senang dengan kehadiran bangku taman. Apalagi lokasi persisi di depan tempatnya bersekolah.

“Senang ada bangku biar katong duduk. Memang belum bisa sering-sering, ada pandemi jadi seng ke sekolah. Tapi nanti kalau sudah masuk pasti bisa buat duduk tunggu jemputan atau angkot,” jelasnya. (PRISKA BIRAHY)