Putra Ambon Wakili Indonesia Lari Terpanjang dan Terlama di Dunia

by
Mathias Berhitu, 49, pelari asal Kota Ambon Maluku yang bakal wakili Indonesia lari 2.239 kilometer selama 31 hari di Malaysia. Dia menjalani latihan di Lapangan Merdeka Ambon, Minggu (14/3/2021). FOTO: Terasmaluku.com

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Putra asal Ambon satu ini bakal bertolak ke Malaysia pada event lari Tour of Peninsula 2021. Lomba lari terpanjang dan terlama. Namanya, Matheos Berhitu.

Keberangkatannya bukan untuk perlombaan biasa. Mathias menjadi satu-satunya atlet asal Ambon yang wakili Indonesia ke Negeri Jiran dalam perlombaan lari terpanjag di dunia. Yakni 2.239 kilometer selama satu bulan.

Tour of Peninsula (TOP) di Malaysia Agustus 2021 pada halaman facebook resmi

“Akan ada even tanggal 1 Agustus – 31 Agustus 2021 waktu yang ditentukan panitia dari Malaysia. Laki laki cuma saya sendiri, perempuan dari Bali,” jelas Matheos di sela-sela latihan di Lapangan Merdeka Ambon, Minggu (14/3/2021).

Ini merupakan salah satu lomba lari terpanang di dunia dan yang paling lama. Padahal jika dilihat umur Matheos 49 tahun. Nyaris menyentuh setengah abad.

Menurutnya dari hasil seleksi panitia, pelari yang ikut kejuaraan Lari Ultra Tambora 2016 dan 2017 itu masuk dalam kualifikasi. Yakni melihat rekam jejak prestasi selama lima (5) tahun terakhir. Juga konsistensi latihan dan progres. Termasuk kualitas gizi.

Bukan perkara mudah, anak Maluku ini harus berlari di negeri orang selama sebulan. Dengan jarak yang panjang. Persiapan demi perisiapan pun dia lakukan. “Untuk persiapan, latihan rutin, tambah intensitas lari, jarak tempuh, perbaikan gizi, biar dapat lari terjauh,” katanya antusias.

Baginya dapat berlari membawa nama Maluku dan Indonesia merupakan sebuah kebangaan. Apalagi dia sendiri mengklaim ini merupakan lomba lari terlama dan terekstrim yang pernah diikuti.

“Komitmen saya bawa nama keluarga, pribadi, jadi kebanggaan tempat saya tinggal di Maluku. Itu sebuah kebanggaan,” sebut Matheos yang pernah ikuti Ultra Marahton coast to coast 440 km 2018 di Malaysia itu.