Quick Count LSI Network : Paparisa Baru Walikota Dan Wakil Walikota Ambon

by

AMBON-Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon Richard Louhenapessy- Syarif Hadler (Paparisa Baru) mengungguli pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon, Polly Kastanya-  M.A.S Latuconsina (PANTAS)  versi Quick Count atau  hitung cepat Lembaga Survei Konsultan Citra Indonesia (KCI)- LSI Network.

Dalam rilis Quick Count LSI Network, Paparisa Baru memperoleh suara 53,34 persen, sedangkan PANTAS memperoleh 46,66 persen, dalam Pilkada Kota Ambon yang digelar Rabu (15/2). Tingkat partisipasi pemilih (voter’s turn out)  dalam Pilkada  63,75 persen.

“Data yang masuk ke kita sudah seratus persen, dengan perolehan suara Paparisa Baru memperoleh 53,34 persen, sedangkan PANTAS memperoleh 46,66 persen suara dengan selisih sekitar tujuh persen.  Dengan demikian Paparisa Baru memenangkan pertarungan ini, sebagai Walikota dan Wakil Walikota Ambon,” kata peneliti  LSI Network Mohammad Fajar dalam rilis Quick Count kepada  pers di Ambon, Rabu  sore.

Ia menyebutkan, teknik penarikan sampel Quick Count  menggunakan multistage random sampling, dengan jumlah sampel 236 TPS dari keseluruan jumlah TPS sebanyak  675 .  Sampel diambil  tersebar secara proporsional berdasarkan jumlah keseluruhan  pemilih 237.627 dan dipilih secara acak di seluruh wilayah kecamatan. Sedangkan sampling erronya  1 persen. Hasil Quick Count, Paparisa Baru unggul di semua kecamatan diatas 50 persen dari PANTAS.

Fajar menyatakan berdasarkan hasil survei LSI Network, ada sejumlah  kunci kemenangan Paparisa Baru dari PANTAS.   Yakni masyarakat Kota Ambon puas atas kinerja Richard  selama memimpin Kota Ambon lima tahun lalu, dengan tingkat kepuasan diatas 80 persen. Richard juga diagap berhasil membangun Kota Ambon selama dua tahun terakhir, dengan kepuasan publik diatas 80 persen.

Selain itu menurut Fajar, tingkat kesukaan masyarakat Kota Ambon kepada Richard diatas 80 persen sedangkan lawannya Polly Kastanya berada dibawa 80 persen. “Masyarakat Ambon menilai pasangan Paparisa Baru sangat berpengalaman memimpin Kota Ambon, karena Richard pernah menjadi Walikota, sedangkan Syarif pernah menjadi Wakil Walikota, itu yang mengungguli pasangan ini,” katanya.

Selain itu, faktor lainnya yang juga menyebabkan Paparisa Baru unggul dari PANTAS, karena tim suksesnya di sepuluh hari terakhir  sebelum pemilihan   sangat  solid menjaga suara basisnya dari gangguan lawan,  tepat memobilisasi pemilih ke TPS – TPS dan mampu menarik simpati pemilih yang mengambang untuk memilih Paparisa Baru.

Fajar juga menyebutkan hasil Quick Count ini, hanya memiliki perbedaan 3,04 persen  dengan hasil survei yang dirilis pihaknya pada akhir pekan lalu sebelum memasuki Minggu tenang Pilkada Kota Ambon.

Koordinator LSI Network Wilayah Maluku  Risakotta Sangadji menyatakan, meski Paparisa Baru unggul dari PANTAS versi Quick Count pihaknya, namun  hasil akhir akan ditetapkan oleh KPU Kota Ambon sebagai penyelenggara Pilkada.  “Atas hasil  Quick Count ini, kami menyampaikan selamat kepada pasangan Paparisa Baru, yang memenangkan Pilkada ini,” kata Sangadji. (IAN)