Quick Count MSS : Paparisa Baru Unggul di Ambon, RAMA di Buru dan YAKIN di SBB  

by
Husein Marasabessy (tengah) saat memberikan keterangan pers Quick Count Hasil Pilkada Kota Ambon, Buru dan SBB di Ambon, Rabu malam. Foto : IAN

AMBON- Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon Richard Louhenapessy-Syarif Hadler (Paparisa Baru) mengungguli pasangan Poly Kastanya-Sam Latuconsina (Pantas) dalam Quick Count atau  hitung cepat yang dilakukan  Lembaga Survei Media Survei dan Strategi (MSS). Dalam rilis  hitung  cepat, Paparisa Baru unggul 55,02 persen, sedangkan pasangan Pantas 44,98 dalam Pilkada Kota Ambon, Rabu (15/2). Partisipasi pemilih 65,79 persen.

“Data yang sudah masuk ke kita 100 persen dengan kemenangan Paparisa Baru 55,02 persen, sedangkan Pasangan Pantas 44,98 persen,” kata Direktur Utama MSS Husein Marasabessy, dalam rilis kepada pers di Ambon, Rabu malam.

Ia menyatakan, teknik perhitungan cepat menggunakan Multistage Random Samping, dengan jumlah sampel TPS sebanyak 240 TPS dari keseluruhan jumlah TPS sebanyak 675 TPS. Sampel tersebar secara acak dan proporsional dengan samping eror hanya 1 persen. Dari hasil perhitungan cepat Paparisa unggul di seluruh dapil yang ada di Kota Ambon.

Loading...

Ia  menyatakan, pasangan Paparisa baru lebih di sukai masyarakat  Kota Ambon, selain itu, tingkat keberhasilan pasangan ini di atas 80 persen. “Publik sangat suka terhadap figur Richard Louhenapessy dan tingkat keberhasilannya pun dinilai lebih, sehingga masyarakat memilih pasangan Paparisa untuk pimpin Kota Ambon kembali,” kata Husein.

Menurutnya, masyarakat memilih pasangan Paparisa Baru karena masih menggap kinerja mereka  lebih baik dan harus dilanjutkan kembali untuk memimpin Kota Ambon lagi.

Selain Kota Ambon, MSS juga melakukan hitung cepat di Pilkada Kabupaten Buru dan Seram Bagian Barat. Di Kabupaten Buru, hitung cepat MSS, pasangan Bakri  Lumbessy- Amrullah Madani Hentihu (BARU) memperoleh 41,68 persen suara, pasangan  Ramly I. Umasugi –Amus Besan (RAMA) memperoleh 58,32 persen suara.

Di SBB, pasangan Paulus Semual Puttileihalat- Amirudin (RODAL) memperoleh  suara 22,32 persen, pasangan Samson R. Atapary-M.Suhfi Majid (INA AMA) memperoleh suara  26,01 persen. Sementara pasangan Sanadjihitu Tuhuteru – Petrus Izaach Suripatty (TUNTAS) memperoleh suara  14,38 persen, dan pasangan Yasin Payapo- Timotius Akerina (YAKIN) memperoleh suara 37,30 persen. (IAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *