Rabu 12 Juni, Jenazah Istri Wakil Walikota Ambon Akan Diterbangkan ke Indonesia

by
Iffah Hadler. FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Jenazah Iffah Hadler, istri Wakil Walikota Ambon akan diterbangkan ke Indonesia dari Bandara Internasional Schiphol Amsterdam Belanda pada Rabu (12/6/2019) pagi waktu setempat.

Dan sesuai jadwal jenazah akan tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta pada Kamis (13/6/2019) pagi. Setelah itu, dengan menumpangi Pesawat Garuda, jenazah langsung diterbangkan ke Kota Ambon untuk proses pemakaman.

“Jenazah akan kita antarkan ke Bandara Udara Internasional Schiphol Amsterdam, seluruh proses keagamaan akan dilaksanakan di sana (Bandara), dan direncanakan jenazah akan diberangkatkan dari Amsterdam pada Rabu pagi, dan diharapkan tiba di Jakarta Kamis pagi, dan selanjutnya kita berharap atas koordinasi dengan Garuda, jenazah akan diberangkatkan Kamis pagi ke Kota Ambon,” kata Walikota Ambon Richard Louhenapessy saat video conference dari Amsterdam, Belanda, Senin (10/6/2019).

Walikota tak kuasa menahan sedih saat menyampaikan keterangan lewat video conference yang disaksikan Sekot Ambon, A.G.Latuheru, pejabat Pemkot Ambon dan awak media itu.  Iffah Hadler meninggal dunia di sebuah rumah sakit di Amsterdam, Belanda pada Senin (10/6/2019) 15. 20 waktu Belanda.

Walikota mengatakan, tim dokter yang menangani Iffah Syarif memutuskan mencabut peralatan medis dari tubuhnya setelah suaminya, Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler dan anak-anaknya yang berkumpul di Jakarta mengikhlaskan agar dokter mencabut peralatan medis.

“Atas persetujuan Pak Wakil Walikota dan anak-anaknya di Jakarta, tim dokter kemudian mencabut seluruh peralatan medis di tubuh Ibu Iffah, setelah itu imam membacakan doa, dan Ambon Berduka atas dipanggil pulangnya Ibu Wakil Walikota Ambon,” kata Walikota.

Walikota mengatakan seluruh proses pemulangan jenazah  sudah diatur termasuk proses keagamaan. “Jenazah akan dikebumikan di Kota Ambon. Atas nama Pemerintah Kota Ambon kami menyampaikan kehilangan dan turut berduka atas meninggalnya ibu Iffah,” kata Walikota. Jenazah akan dibawa ke rumah duka di kawasan Galunggung Kota Ambon sebelum dimakamkan.

Sebelumnya pada Senin siang waktu Belanda, istri Wakil Walikota Ambon itu jatuh pingsan setibanya di Bandara Internasional Schiphol, Amsterdam, Belanda. Dalam kondisi tak sadar, Iffah kemudian dilarikan ke Rumah Sakit ternama di Amsterdam. “Menurut dokter di Rumah Sakit Amsterdam, Ibu Iffah mengalami penyumbatan di paru-paru,” kata Walikota.

Iffah ikut dalam rombongan Walikota Ambon mendampingi suaminya Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler yang melakukan lawatan ke Belanda. Kunjungan rombongan Walikota Ambon ke Belanda dalam rangka kunjungan balasan serta untuk penandatanganan kerjasama lanjutan dengan Pemerintah Belanda di bidang pendidikan, kesehatan dan sosial budaya.(ALFIAN)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *