Rabu Besok SBB Vaksinasi Covid-19 Perdana

by
Ilustrasi. foto : Merdeka.com

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Yohanes Tapang mengungkapkan Vaksinasi Covid-19 perdana di SBB akan dilaksanakan Rabu 27 Januari besok setelah sebelumnya 2.360 dosis Vaksin Covid Sinovac tiba di Piru, ibukota SBB, Senin sore.

“(Vaksinasi) Perdana Rabu 27 Januari, itu untuk Forkopimda dulu launching perdana,”ungkapnya menjawab terasmaluku.com, Senin (25/1/2021) malam via seluler.

Loading…

Namun ketika disinggung apakah Bupati SBB, Yasin Payapo akan menjadi orang pertama di SBB yang akan divaksin saat launching nanti,  Tapang menjelaskan jika dilihat dari segi usia, Bupati Yasin Payapo telah berusia lebih dari 60 tahun. Sementara batas usia yang boleh divaksin adalah 18-59 tahun.

“Kalau dilihat umur beliau (bupati) sekarang, beliau tidak termasuk karena umurnya sudah diatas 60 tahun. Tapi tetap beliau didata, nanti saat skrining (lewati meja prosedural pertama dan kedua) baru diketahui bisa atau tidak,”sambungnya.

Setelah Vaksinasi Perdana untuk Forkopimda, lanjut Tapang menjelaskan, Kamis 28 Januari giliran Tenaga Kesehatan (nakes) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Piru dan Puskesmas Piru divaksinasi. “Setelah itu baru pada Jumat (29 Januari) kita distribusi vaksin ke daerah-daerah yang dekat dulu untuk vaksinasi, mungkin ada tiga tahap,”terangnya.

Totalnya, nakes di SBB yang terdata untuk vaksinasi sebanyak 1.280. “Tapi belum tentu semuanya tervaksin karena bisa saja ada yang ditunda, ada batuk atau panas, atau ada yang hipertensi atau DM kan kita belum tahu, nanti mau di vaksin baru diskrining kan,”ujarnya.

Sementara Fasilitas Layanan Kesehatan (fasyankes) yang disiapkan untuk vaksinasi di SBB sebanyak 19 fasyankes dengan rincian 17 puskesmas, satu Rumah Sakit dan satu Klinik di Polres SBB.

“Untuk vaksinatornya (petugas yang melakukan vaksinasi) masing-masing puskesmas itu 5 vaksinator, di Rumah Sakit (RSUD Piru) 10 vaksinator dan Klinik Polres 5 orang vaksinator. Totalnya 100 vaksinator,”tandasnya. (Ruzady)