Rahakbauw Akan Mundur Dari Wakil Ketua DPRD Maluku, Jika SANTUN Kalah di Kota Ambon

by
Wakil Ketua DPRD Maluku Richard Rahakbauw FOTO : DOK. TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pernyataan mengejutkan datang dari Wakil Ketua DPRD Maluku Richard Rahakbauw (RR). RR menyatakan akan mundur dari Wakil Ketua DPRD Maluku jika dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Maluku 27 Juni 2018, pasangan Said Assagaff – Andareas Rentanubun (SANTUN) kalah di Kota Ambon.

Sikap politik RR ini disampaikan saat pidato politik dalam rapat akbar Partai Golkar Kota Ambon di Sport Hall Karang Panjang Ambon, Rabu (21/2) sore. Menurut RR  apa yang dilakukannya   sebagai bentuk pertanggungjawaban moril sebagai kader   kepada Partai Golkar yang telah membesarkan dan memberikannya jabawatan Wakil Ketua DPRD Maluku.

“Saya Richard Rahakbauw dengan ini menyatakan dengan sebenar-benarnya, bahwa apabila saat pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku yang akan diselenggarakan pada 27 Juni 2018, dan ternyata Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur yang diusung Partai Golkar kalah di Kota Ambon, maka sebagai bentuk pertanggungjawaban moril saya kepada Partai Golkar yang telah membesarkan saya, dan memberikan jabatan Wakil Ketua DPRD Maluku kepada saya, saya secara gentlemen mengundurkan diri sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku,” kata RR saat membacakan surat pernyataan yang ia buat sebelumnya dan ditandatangani diatas material 6.000.

BACA JUGA : Edison : SANTUN Menang, Sudah Pasti Warga GPM Jadi Sekda Maluku

Pernyataan RR disampaikan dihadapan pasangan SANTUN, Korwil Pemenangan Pemilu Wilayah Maluku DPP Partai Golkar Edison Betaubun, Ketua DPD Partai Golkar Kota Ambon Richard Louhenapessy serta ribuan  kader Partai Golkar yang langsung disambut tepuk tangan para kader di Sport Hall Karang Panjang Ambon itu.

Menurut RR, surat pengunduran dirinya akan disampaikan ke Partai Golkar setelah  KPU Maluku menetapkan hasil perolehan suara Pilgub Maluku dan  bila SANTUN kalah di Kota Ambon. RR menegaskan, surat pernyataan pengunduran diri tersebut  itu ia buat tanpa ada unsur paksaan, bujukan dan rayuan dari manapun juga.

Surat pernyataan  tersebut  dibuat di Kota Ambon pada 15 Februari 2018. Surat pernyataan yang ditandatangani diatas material 6.000 itu dengan tembusan Ketua Umum DPP Partai Golkar di Jakarta, Ketua Pemenangan Pemilu Wilayah Maluku  DPP Partai Golkar di Jakarta.

Setelah membacakan surat pernyataan tersebut, RR langsung menyerahkan surat pernyataan yang sudah ia buat dalam beberapa rangkap kepada Korwil Pemenangan Pemilu Wilayah Maluku DPP Partai Golkar Edison Betaubun, Said Assagaff yang juga Ketua DPD Partai Golkar Maluku.

Ketua DPD Golkar Kota Ambon Richard Louhenapessy menyatakan apa yang dilakukan RR adalah sebuah keberanian politik yang jarang dilakukan kader partai manapun juga. “Ini sikap yang luar biasa, yang berani melepas jabatan Wakil Ketua DPRD Maluku jika kader yang diusung Partai Golkar dalam hal ini SANTUN kalah di Kota Ambon. Tapi sikap beliau (Richard Rahakbauw) ini menjadi semangat bagi kita untuk menangkan SANTUN,” kata Richard yang juga Walikota Ambon ini.

Assagaff  menyampaikan apresiasi atas sikap politik RR ini. Assagaff mengungkapkan, apa yang dilakukan RR ini  diharapkan menjadi semangat kader Partai Golkar lainnya untuk memenangkan SANTUN.  RR adalah kader militant Partai Golkar di Kota Ambon. Ia merupakan anggota DPRD Maluku dari Dapil Kota Ambon. Dalam Pilkada Kota Ambon 2016, RR adalah  Ketua Tim Pemenangan pasangan Richard Louhenapessy- Syarif Hadler atau PAPARISA BARU. (IAN)