Raih Hidup Sehat dengan Menjaga Kesehatan Jantung

by

Jantung merupakan organ vital dalam tubuh manusia. Jika jantung berhenti berdetak, maka seketika itu pula kehidupan manusia ikut berhenti. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita menjaga kesehatan jantung.

Penyakit jantung menjadi pembunuh menakutkan yang bisa mengancam jiwa siapa saja, tak peduli laki-laki atau perempuan. Gejalanya pun kerap tak disadari sehingga penyakit jantung dijuluki sebagai “silent killer.” Padahal, dengan mengetahui gejala penyakit jantung sejak dini, peluang keberhasilan pengobatan pun semakin besar.

Loading...

Faktor penyebab penyakit jantung pada umumnya ialah hipertensi, diabetes, gangguan kolesterol, gaya hidup tidak sehat, kurang olahraga, obesitas, dan merokok. Menurut ahli kardiologi, Dr. Siska Surindanda Danny, SpJP, FIHA, faktor utama penyakit jantung karena usia. “Semakin tinggi usia, semakin tinggi pula risiko penyakit jantung,” ucap Dr. Siska.

Penyakit jantung merupakan penyakit degeneratif jadi selaras dengan proses penuaan. Pada usia tertentu, pembuluh darah cenderung kaku, tebal, dan mengalami penyempitan. Kondisi ini lazim terjadi pada mereka yang berusia di atas 65 tahun.”Namun, akibat gaya hidup tidak sehat, sekarang pun banyak orang sebelum usia 65 sudah terkena serangan jantung,” kata Dr. Siska.
Mencegah penyakit jantung dapat dilakukan melalui konsumsi makanan sehat. Hindari konsumsi garam dan makanan kaleng secara berlebih. Sebab, menurut Dr. Siska, konsumsi garam masyarakat Indonesia jauh di atas rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Padahal, konsumsi makanan tinggi sodium akan memengaruhi kesehatan jantung. “Hindari makanan asin termasuk yang diawetkan, seperti ikan asin, sarden, mie instan, dan nugget. Itu berbahaya,” kata Dr. Siska menyarankan.
Selain itu, biasakan rutin berolahraga. Sayangnya, masih banyak masyarakat Indonesia yang menganggap aktivitas fisik sama dengan olahraga, sehingga malas berolahraga.
“Olahraga berbeda dengan aktivitas fisik. Olahraga tujuannya untuk santai dan rileks agar membuat pembuluh darah melebar,” ucapnya. Olahraga mengeluarkan hormon endorfin yang bersifat menenangkan terutama pada jantung. Sementara, aktivitas fisik seperti bekerja akan mendorong pengeluaran hormon adrenalin yang memaksa kinerja jantung lebih berat. (Metrotvnews.com)