Rasa Ingin Tahu Hasilkan Ide Film Yang Menarik

Rasa Ingin Tahu Hasilkan Ide Film Yang Menarik

SHARE
Founder Citizen Journalist NET TV saat membagi materi kepada peserta Festival Film Kawal Harta Negara di BPK Maluku, Nania, Sabtu (12/5/2018). FOTO : BIR (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON- 5W1H, kebenaran, kedekatan, ketokohan,aktual merupakan nilai-nilai dalam jurnalistik yang sama ini  diterapkan dalam karya citizen journalist. Produk jurnalistik yang dibuat oleh warga  dengan alat seadanya juga tak boleh meniadakan prinsip-prinsip itu.

Liputan yang diambil dan disiarkan tetap berada dalam koridor kejurnalistikan. Dewi Layla Sara Founder Citizen Journalist NET TV, menyampaikan hal ini saat memberi workshop kepada sekitar seratus peserta Festival Film Kawal Harta Negara di Kantor BPK RI Provinsi Maluku, Sabtu  (12/5/2018) sore.

BACA JUGA : Festival Film Kawal Harta Negara, Kenalkan BPK Dengan Masyarakat

Beberapa contoh video kiriman juga ditampilkan dalam pelatihan. Yakni untuk menunjukkan materi liputan hingga teknik pengambilan gambar. “Kalau video citizen journalist kalian bisa sedikit gaya. Seperti beberapa contoh film tadi,” ucapnya yang diiringi gelak tawa peserta melihat video-video amatir yang menampilkan suatu kejadian atau peristiwa.

Menurutnya bagi orang yang tak punya latar belakang jurnalistik, tak perlu merapal kode etik atau sederet aturan. Cukup dengan tidak membuat konten berisi hal bohong atau belum tentu kebenarannya. Tidak melupakan nilai berita yang unik, aneh, dramatis, serta kontroversi. Sebuah kejadian atau peristiwa akan mudah menarik perhatian bila ada unsur itu. Tentunya tanpa meniadakan kebaruan dan fakta.

Peserta yang mayoritas adalah siswa SMA dan mahasiswa itu juga diajarkan teknis menggunakan alat seadanya seperti kamera genggam untuk bisa hasilkan gambar baik. “Jangan sampai goyang. Kalian bisa pakai penyangga atau bertumpu dengan siku biar tidak gemeteran,” katanya. (BIR)