Ratusan ASN, Aparat Keamanan Dan Warga di Tanimbar Jalani Swab Massal

by
ilustrasi

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Menyusul dua aparat sipil negara (ASN) di Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) terkonfirmasi covid-19, Pemerintah KTT melakukan swab massal terhadap ratusan ASN, aparat kemanan serta masyarakatnya.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Andre Kurniawan mengatakan mereka yang diswab massal adalah pegawai Dinas Kesehatan Tanimbar, RSUD Magreti, Puskesmas Saumlaki, TNI/Polri yang bertugas di pintu masuk keluar baik Bandara, Pelabuhan, Kesehatan Pelabuhan dan juga masyarakat.

Sampel spesimen mereka diambil oleh petugas dari Satgas Covid-19 Provinsi Maluku yang datang langsung ke Kota Saumlaki, KKT. Swab massal ini dilakukan pada Sabtu 21 November dan Minggu 22 November dengan total jumlah yang diambil spesimen sebanyak 365 orang.

“Jadi mereka yang diswab ini adalah yang merupakan garda terdepan yang bersentuhan langsung dengan yang reaktif maupun positif terkonfirmasi covid-19. Kemudian mereka yang berhadapan langsung dengan masyarakat pelaku perjalanan dari luar daerah yang jadi prioritas. Jadi tidak semua,”kata Andre kepada Terasmaluku.com, Senin (23/11/2020) via seluler.

Loading...

Swab masal ini kata Andre untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Tanimbar. Apalagi Tanimbar saat ini kembali masuk ke  daerah di Maluku yang memiliki kasus terkonfirmasi covid-19 setelah sebelumnya zona hijau.

Andre menduga di Kabupaten Kepulauan Tanimbar telah terjadi transmisi lokal penyebaran covid-19. Yang mana tambah Andre, kuat dugaan, kemungkinan transmisi lokal ini terjadi akibat dibukanya lagi akses keluar masuk ke Tanimbar baik itu melalui bandara maupun pelabuhan. “Itu kemungkinan ya, sehingga dilakukan swab massal ini,”sambungnya.

Terkait hasil pemeriksaan swab, kata Andre masih menunggu hasil pemeriksaannya. Hingga kini di Tanimbar ada tiga pasien covid-19 yang jalani perawatan.

Dua pasien adalah staf dari Dinkes Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang menjalani isolasi mandiri, sementara seorang pasien lainnya jalani isolasi di RSUD Magreti Kota Saumlaki. (Ruzady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *