Ratusan Desa di Maluku Belum Terima Dana Desa

by

AMBON -Ratusan desa di   tiga kabupaten   Provinsi Maluku, hingga kini belum menerima kucuran dana desa tahun 2016 ini. Ratusan desa itu tersebar di Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Maluku Barat Daya, dan Kabupaten Seram Bagian Barat. Gubernur Maluku Said Assagaff mengatakan hingga saat ini baru tujuh daerah yang  mendapatkan kucuran dana desa itu.

Ketujuh daerah itu yakni Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Kota Tual, Kabupaten Buru, Kabupaten Maluku Tenggara, Kabupaten Maluku Tenggara Barat dan Kabupaten Kepulauan Aru, sedangkan Kabupaten Seram Bagian Timur baru akan dikucurkan pada bulan ini.

“Untuk dana desa yang bersumber dari APBN tahun anggaran 2016 sebesar Rp 754,638,987,000, itu dialokasikan untuk 1.198 desa di 11 kabupaten dan kota. Penyaluran Dana Desa tahun anggaran 2016 pada Tahap I sebesar 60 % telah dilaksanakan untuk tujuh  kabupaten dan kota pada April 2016,”kata gubernur saat  sosialisasi pencegahan korupsi pengawalan bersama pengelolaan dana desa di Kantor Gubernur Maluku, Selasa (31/5).

Dia mengungkapkan, pada tahun 2015 Provinsi Maluku mendapat anggaran dana desa sebesar Rp. 334.004.517.000 dan telah tersalurkan sebesar 98,7 %, untuk Tahap I (40%), II (40%) dan Tahap III (20%).  “Untuk itu, saya berharap kepada Pemerintah kabupaten dan kota agar dapat memperhatikan hal tersebut, sehingga penyaluran dana desa tidak tertunda dan tepat waktu,”katanya.

Mengingat alokasi dana desa sangat besar, Said minta kepada para kepala desa hendaknya benar-benar memanfaatkan dana tersebut dengan baik dan benar sesuai aturan yang berlaku sehingga pada saatnya nanti ketika memperoleh anggaran yang lebih besar akan terbiasa dan mudah untuk mempertanggungjawabkan.

“Bagi para kapala desa agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan terkait dengan pengelolaan dana desa, sehingga cita-cita mewujudkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan amanat Undang-Undang dapat tercapai dengan baik,”tuturnya (ADI)