Ratusan Pejabat Pemkot Ambon Dilantik  

by

AMBON- Penjabat Walikota Ambon Frans J Papilaya melantik ratusan pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, dan pejabat pengawas di lingkungan Pemerintah Kota Ambon, yang dipusatkan di Maluku City Mall (MCM) Senin (30/1).  Pejabat eselon II yang dilantik berjumlah 32 orang, eselon III 137 dan eselon IV 148 orang.

Papilaya dalam sambutannya menyatakan, pelantikan ini merupakan rangkaian kegiatan evaluasi yang dilakukan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Apratur Sipil Negara (ASN). “Pelantikan pejabat ini untuk menghindari staknasi dan kesenjangan operasional dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pelayaanan publik sekaligus upaya percepatan tugas dan fungsi masing-masing SKPD di lingkup Pemkot Ambon,” kata Papilaya.

Loading...

Ia mengatakan, pelantikan dan mutasi pejabat pada instansi pemerintah adalah bagian dari dinamika organisasi dalam rangka meningkatkan kapasitas kelembagaan, serta merupakan bagian dari pola pembinaan dan peningkatan karir pegawai. “Pelantikan ini harus dipahami sebagai kepentingan organisasi bukan sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan secara mekanistik, apalagi untuk kepentingan politik atau kekuasaan semata,” katanya.

Lanjut Papilaya pengembangan karir tidak semata-mata untuk kepentingan pegawai bersangkutan, melainkan lebih digunakan untuk pembentukan dan pemantapan organisasi dalam rangka peningkatan kinerja penyelenggaraan tugas dan pelayanan umum. “Parameter utama yang digunakan dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai melalui pertimbangan kapasitas, kompetensi, integritas, loyalitas, pendidikan, dan pelatihan serta komitmen terhadap tugas kepada negara khususnya Kota Ambon,” ujar Papilaya. Ia berharap ASN di lingkup Pemkot Ambon selalu mekiliki integritas, profesional, netral, mampu menyelenggarakan pelayanan publik dan mampu menjalankan peran sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa. (IAN)

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *