Ratusan Pemudik Asal Pulau Buru Padati Pelabuhan

by
Ratusan pemudik tujuan Namrole dan Leksula Pulau Buru padati Pelabuhan Slamet Riyadi Ambon sebelum bertolak ke kampung halaman dalam program mudik gratis PT. Jasa Raharja, (19/12). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, –Program mudik gratis natal dan tahun memudahkan ratusan warga yang hendak pulang merayakan natal dan libur tahun baru bersama keluarga. Seperti para pemudik yang memadati Pelabuhan Slamet Riyadi Kota Ambon, Kamis (19/12/2019) malam. Mereka merupakan pemudik gelombang pertama program mudik gratis yang diadakan PT. Jasa Raharja Maluku.

Sebanyak 336 penumpang bertolak dari Ambon menuju dua lokasi di Pulau Buru. Yakni tujuan Namrole dan Leksula Kabupaten Buru Selatan. Mereka menggunakan kapal motor Intan Teratai pukul 21.00 WIT.

Rachel Solissa, salah seorang pemudik menyambut gembira program tersebut. Ini merupakan yang kali pertama baginya mudik natal gratis. “Sangat terbantu buat beta yang mahasiswa. Biasanya bayar sampe dua ratus lebih,” kata Rachel.

Informasi mengenai mudik gratis ini, katanya, diperoleh melalui grup lini masa. menurutnya dia termasuk dalam grup mahasiswa yang berasal dari kampung yang sama dengannya, di Waemulang, Kecamatan Leksula. Dari situ dia lantas mulai mendaftar pada 16 Desember lalu.

“Beta langsung daftar. Ini kali pertama pulang kampung seng bayar,” jelasnya bahagia. Baginya yang masih berstatus mahasiswa, sudah bisa berhemat banyak. Setidaknya, dia hanya perlu mengelurkan ongkos transportasi dari kost menuju pelabuhan dan ongkos jajan selama di menumpang kapal.

Selain mengakomodir penumpang asal Maluku mudik, program bikinan Jasa Raharja ini juga sekaligus untuk mencegah terjadi kecelakaan. “Ini program untuk mencegah kecelakaan. Sudah berlangsung 11 tahun,” jelas Kepala Cabang PT. Jasa Raharja Maluku, Sigit Harismun dalam konferensi pers sebelumnya.

Musim mudik seperti saat ini, sangat mungkin terjadi kelebihan penumpang di kapal. Hal ini yang dikhawatirkan pihaknya. Untuk itu mereka merancang program untuk mengurangi risiko tersebut. Penumpang dibatasi sesuai kapasitas daya tampung kapal yang digunakan.

Pihaknya berharap hal itu dapat membantu sejumlah penumpang yang hendak mudik. Selain Kamis (19/12/2019), gelombang dua mudik gratis PT. Jasa Raharja juga ada Jumat (20/12/2019). Yakni tujuan Pulau Saparua dari Pelabuhan Tulehu Kabupaten Maluku Tengah. (PRISKA BIRAHY)