Ratusan Rambu Lalu Lintas Berlumut Dibersihkan

by
Aksi bersih-bersih perlengkapan lalu lintas (SIPANTAS) di Kota Ambon dilakukan serempak se-Indonesia jelang peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia (13/8). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON,- Ratusan rambu lalu lintas di jalan Kota Ambon, Selasa (13/8/2019) siang mulai dibersihkan petugas Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) XXIII Maluku. Ini merupakan Aksi bersih-bersih Perlengkapan lalu lintas Jalan (Sipantas) serentak di se-Indonesia.

Petugas dibagi menjadi dua kelompok untuk membersihkan kawasan Galala hingga Desa Liang. Serta di dalam Kota Ambon. Sejumlah rambu seperti tanda dilarang berhenti, dilarang parkir, berbelok yang penuh lumut dan kotor dibersihkan dengan sabun.

Seperti aksi bersih di Jalan Slamet Riyadi hingga Jalan Tulukabessy Kota Ambon. Petugas beberapa kali berhenti untuk membersihkan rambu-rambu yang tampak usang bahkan nyaris tak terlihat.

Kasubag Tata Usaha BPTD XXIII Maluku, Yusuf David

“Ini aksi nasional, katong bersihkan rambu dari lumut, debu. Rambu tanda stop, Guard-Rail (gadril) atau pagar pembatas jala,” jelas Kasubag Tata Usaha BPTD XXIII Maluku, Yusuf David di sela-sela aksi bersih tersebut.

Aksi itu, lanjut dia juga merupakan aksi serempak yang digelar oleh Kemenhub Dirjen Perhubungan Darat Pusat menyambut peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia. Target pembersihan minimal 200 rambu lalu lintas.

Yusuf memastikan semua rambu di dalam Kota Ambon tuntas digarap hari ini. Beberapa rambu kotor karena lumut dan berada persisi di bawa pohon memang membutuhkan waktu sedikit lama. Bila dibandingkan dengan yang hanya tertutup debu.

Para petugas pun memakai sabun cuci serta cairan pembersih agar warna-warna terang pada rambu terlihat, khususnya saat malam hari. “Kami target hari ini selesai. Ini juga demi keselamatan pengguna jalan jadi mereka bisa melihat jelas rambu yang ada,” katanya. (PRISKA BIRAHY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *