Ratusan TKBM Ambon Terima Vaksin, Dorong Terbentuk Herd Immunity

by
TKBM Pelabuhan Ambon, lakukan pemeriksaan sebelum terima vaksin sinovac, (15/8)

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Ratusan warga pelabuhan serta Tenaga Kerja Bongkor Muat Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, menerima vaksinasi sebagai perlindungan hadapi virus covid-19.

Vaksinasi yang digelar KSOP Kelas 1 Ambon sebagai cara memberi perlindungan bagi mereka dengan aktivitas berisiko tinggi terpapar. Juga untuk mencipatkan herd immunity.

“Orientasi kita sebenarnya adalah masyarakat pelabuhan sehingga nanti tercipta herd immunity. Rekan-rekan kita harap ikut vaksin kalau tidak nanti rugikan yang sudah vaksin. Ini juga berkaitan dengan kerjaan mereka di lapangan kan,” jelas Ketua Panitia pelaksaan vaksin, Abdi Sabda kepada wartawan siang tadi, (15/8/2021).

Buruh bongkar muat sebagai salah satu pekerja yang paling berisiko terpapar. Aktivitas mereka naik turun kapal dan bersentuhan dengan para penumpang bukan tak mungkin dapat berimbas pada papran virus. Apalagi tak sedikit dari mereka yang berusia tak muda.

Belum lagi aturan dari kementerian perhubungan yang mengharuskan adanya perlindungan setiap penumpang hingga awak kapal.

Menurut Abdi, capaian vaksinasi selama dua hari ini sekitar 600 orang. Itu meliputi warga pelabuhan dan TKBM. Jumlah buruh yang terdaftar sendiri ada 280 orang.

“Jumlah anggota  TKBM dari data yang masuk sekitar 280 orang kemarin. Jumlah TKBM selurunya 800 orang, selain mereka, juga masyarakat umum sekitar,” terang Kepala Bagian Tata Usaha, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Ambon itu.

Djuhari salah seorang TKBM menyatakan vaksinasi gratis ini membuat dirinya merasa aman selama bekerja. Menurt dia setiap peraturan baru mengharuskan setiap orang beraktivitas punya surat vaksin.

Sementara sebagai tenaga kerja harian, hal itu cukup memberatkan. “Kalau seng ada vaksin katong tambah susah. Mau naik kapal saja harus ada kartu vaksin. Pakai masker seng betul juga dapa tegur. Jadi lebih baik vaksin,juga supaya aman,” sebut Djuhari yang datang mengantri vaksinasi di hari kedua.

Sejak pagi dia dan puluhan rekan TKBM lain sudah mengantri untuk menerima vaksin jenis Sinovac. Selain mendapat vaksin, mereka juga mendapat paket semabko. Pihak KSOP bersama sejumlah mitra menyiapkan 1.000 paket sembako. Bagi warga juga TKBM usai menerima vaksin.

Pemberian vaksin khususnya bagi TKBM ini menjadi salahs atu cara memutus penyebaran juga melindungi mereka yang berusia tak muda. (PRISKA BIRAHY)